Banyuwangi Revitalisasi Besar-Besaran Sektor Perpustakaan

05-01-2017 Banyuwangi Revitalisasi Besar-Besaran Sektor Perpustakaan

Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menetapkan revitalisasi besar-besaran sektor perpustakaan sebagai salah satu prioritas pada tahun ini. Sejumlah langkah disiapkan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pendorong peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM).

"Mulai tahun ini, status Kantor Perpustakaan sudah berubah menjadi dinas sehingga kewenangannya lebih luas. Kami juga sudah menempatkan tenaga baru dan segar di Dinas Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi, dipimpin seorang doktor. Jadi dunia perpustakaan ini bukan lagi program pinggiran, tapi program prioritas berbarengan dengan sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, UMKM, pariwisata," ujar Anas.

Langkah lainnya adalah mengembangkan secara massif sarana pojok baca di ruang-ruang publik. Pojok baca ini akan terintegrasi dengan arena playground ramah anak yang juga menjadi salah satu fokus pembangunan pemerintah di tahun 2017 ini.

 

"Wajah perpustakaan daerah dalam waktu dekat akan kami rombak. Selain tempatnya menjadi lebih nyaman, koleksi buku-bukunya ditambah dan akan dilengkapi dengan perpustakaan digital sehingga menarik minat pembaca," jelas Anas. “Kami tidak hanya menyuruh anak menjadi kreatif tapi juga menyediakan fasilitas bagi mereka. Perpustakaan akan menjadi pioneer baru yang akan mengangkat Banyuwangi," lanjut dia.

"Kami akan tambah referensi, mulai dari koleksi literatur bagi mahasiswa yang ada di Banyuwangi, hingga buku-buku populer yang banyak diburu masyarakat," jelas doktor lulusan Universitas Brawijaya.

 

<p dir="ltr" rgb(34,="" 34,="" 34);="" font-family:="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 12.8px;"="">Terkait pojok baca, pihaknya juga tengah menyiapkan armada dan sarana untuk ditempatkan di ruang publik. "Sudah ada sejumlah ide, segera kita realisasikan. Akan kami bikin terobosan bikin pojok baca yang representatif di stadion dan sejumlah destinasi wisata. Kita bikin desain yang menarik, jadi pojok baca itu juga bakal jadi destinasi wisata," pungkas Kadir. (Humas)

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id