Ciptakan Generasi Hebat, PKK Gelar Seminar Parenting With Love and Peace

15-05-2017 Ciptakan Generasi Hebat, PKK Gelar Seminar Parenting With Love and Peace

 

BANYUWANGI – Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi terus berkomitment meningkatkan kualitas orang tua dalam menciptakan generasi yang hebat. Salah satunya dengan membekali orang tua dengan ilmu mendidik dan mengasuh anak yang benar, melalui  seminar Parenting With Love and Peace.

Seminar parenting yang digelar di di Hotel Ketapang Indah, Senin (15/5), menghadirkan motivator kondang dari Surabaya, Ust Suhardi. Sedikitnya ada 500 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Peserta ini antara lain dari kader PKK di desa-desa se Banyuwangi, guru-guru PAUD serta orang tua bina keluaga balita (BKB) yang ada di Taman Posyandu.   

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan pentingnya kegiatan digelar sebagai bekal orang tua maupun tenaga pendidik dalam mendidik anak, sehingga bisa menciptakan generasi yang berkualitas.  

Dikatakn Ny Anas, parenting merupakan salah satu cara memperbaiki sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Program parenting bisa dibilang sebagai program “sekolah” bagi orang tua, guru-guru PAUD maupun kader PKK yang ada di desa-desa.  Karena disini mereka diberikan pengetahuan mengenai apa yang dibutuhkan dan seharusnya dilakukan dalam mendidik anak, baik di rumah maupun di PAUD.

“Kami tidak ingin ini hanya transfer knowlege saja tetapi bagaimana tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan mereka bisa menerapkan ilmu yang di dapat ke lingkungan keluarga dan sekolahnya. Kami juga ingin peserta ini bisa menularkan ilmu yang di dapat ke masyarakat yang lain,” kata Ny Dhani Azwar Anas.

Selain untuk peningkatan kualitas anak, kata Ny Dhani, seminar ini juga diharapkan mampu meminimalisir tindak kekerasan terhadap anak. Karena kata dia, saat ini banyak kasus tindak kekerasan yang dialami anak, baik itu kekerasan dari keluarga ataupun dari sekolah. “Kami benar-benar ingin menuntaskan tindak kekerasan yang terjadi pada anak,” ujarnya.

Target kami ke depan, imbuh Ny Dhani, di Banyuwangi tidak ada lagi terdengar tindak kekerasan oleh orang tua atau pendidik. Sehingga tumbuh keluarga yang harmonis, sehingga melahirkan generasi yang sehat dan hebat.

Kalau tahun lalu, kita sasarannya hanya guru-guru PAUD, tahun ini diperluas lagi dengan melibatkan langsung orang tua. “Karena itu hari ini mereka kita ajak terlibat langsung megikuti seminar. Kami tidak ingin kegiatan ini hanya transfer knowlege ke peserta tetapi pada bagaimana tindak lanjut setelah mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan mereka bisa menerapkan ilmu yang didapat ke lingkungan keluarga dan sekolahnya,” kata Ny Dhani.  

Kegiatan ini juga dihadiri, Ketua GOW Kabupaten Banyuwangi Ny Minuk Widiyatmoko, dan di buka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Sulihtiyono.

Selain seminar, PKK juga memiliki program bengkel keluarga sakinah. Program ini berbentuk forum konsultasi yang bersedia menampung masalah-masalah keluarga yang ada di masyarakat. Forum ini adanya di Posyandu-posyandu baik di desa maupun kelurahan. Yang menangani forum ini adalah kader PKK yang berkompeten di bidangnya. Sejak dilaunching awal tahun 2017 ini, sudah banyak kasus keluarga yang berhasil ditangani oleh bengkel keluarga sakinah. (*)  

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id