Dana ADD Semua Desa Tidak Berubah, Tetap Sesuai Pagu Indikatif

10-03-2017

BANYUWANGI –  Alokasi dana desa (ADD) bagi 189 desa di Banyuwangi dipastikan tidak akan mengalami perubahan. Setiap desa akan mendapatkan ADD sesuai dengan pagu indikatif awal yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada bulan Desember lalu. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM), Zein Kostolani, di Kantor DPM, Jumat (10/3).

Zein mengatakan penegasan tentang tidak adanya pengurangan ADD bagi semua desa tersebut untuk menjawab laporan beberapa desa terkait berkurangnya dana ADD 2017. Ia pun menyatakan hal tersebut terjadi akibat kesalahan teknis, dan akan segera diperbaiki. Dana ADD yang mengalami pengurangan tersebut tercantum dalam surat keputusan (SK) Bupati nomor 188/141/KEP/429.011/2017.

“Setelah kami evaluasi, telah terjadi kesalahan teknis saat melakukan pelampiran SK penetapan ADD. Untuk itu SK Bupati tersebut akan segera kami cabut, dan tidak akan berlaku lagi. Selanjutnya kami ganti dengan SK yang baru. Dalam SK yang baru nantinya ADD yang ditetapkan akan sesuai dengan alokasi pagu indikatif,” kata Zein.

Zein menjelaskan kesalahan teknis terjadi pada saat finalisasi lampiran SK. Yakni saat akan mengelompokkan nama-nama desa yang ada di wilayah Kecamatan Blimbingsari. Sebelumnya susunan nama  desa di Kecamatan Blimbingsari dalam lampiran belum berurutan karena  merupakan kecamatan  baru yang terdiri dari desa-desa dari kecamatan lain. Namun ternyata pergeseran nomor desa dalam sistem tidak diikuti oleh pergeseran nominal uang ADD, sehingga terjadi perubahan. Meskipun hal ini tidak mengubah jumlah total alokasi ADD 2017 sebesar RP.  148,6 milyar yang ditetapkan.

“Akibat pergeseran itu dari 189 desa se kabupaten ada 94 desa di 12 Kecamatan yang nominal ADDnya berubah. Ada yang bertambah dari pagu awal dan ada yang berkurang. Inilah yang akan kita kembalikan nilai ADDnya sesuai pagu indikatif,” terang Zein.

Zein pun meminta agar pihak desa tidak perlu khawatir dengan kejadian ini. Semua program pembangunan di desa yang telah dirancang dalam anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dengan mengacu pada alokasi dana pagu indikatif dipastikan tidak akan terganggu.

“Kami juga sudah mengirimkan pemberitahuan kepada desa tentang adanya kesalahan teknis ini melalui pesan WA (Whatsapp-red). Dengan adanya penjelasan ini kami berharap tidak ada lagi kegelisahan yang muncul dari pihak desa,” harapnya.

Sebagai informasi nilai ADD yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Banyuwangi pada tahun 2017 sebesar RP.  148,6, milyar, naik drastis hingga 79 persen dari jumlah ADD tahun 2016 yang sebesar Rp. 83 milyar. Ditambah dengan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat, dana yang akan masuk ke seluruh desa di Banyuwangi mencapai RP. 320,82 Milyar di tahun 2017 ini.

“Kami berharap seluruh desa bisa memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan desa-desa di Banyuwangi ,” pungkas Zein. (Humas)

 

 

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id