Kabupaten Karawang dan Sorong Studi Tiru ke Banyuwangi

10-05-2017 Kabupaten Karawang dan Sorong Studi Tiru ke Banyuwangi

BANYUWANGI  – Prestasi yang kian mentereng, menjadikan Banyuwangi jujugan daerah lain yang ingin belajar. Kali ini, sebanyak 40 orang tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karawang, Jawa Barat berkunjung ke kabupaten The Sunrise of Java itu, Rabu (10/5). Mereka khusus belajar penanganan kasus kekerasan pada perempuan dan anak di Banyuwangi.

Ketua P2TP2A Kabupaten Karawang, Imas Ruspendi, menilai Banyuwangi memiliki komitmen tinggi terhadap perlindungan perempuan dan anak, pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak-hak anak. Sejumlah inovasi untuk mendukung hal tersebut juga cukup beragam dan berjalan efektif. Salah satu yang kami dengar, lanjut Imas, adalah program pemenuhan hak-hak anak ‘Banyuwangi Children Center (BCC)’.

“Atas dasar itu, kami datang kemari untuk studi tiru inovasi Banyuwangi terkait perlindungan terhadap perempuan dan anak, khususnya pendampingan kasus kekerasan pada anak. Kami akan ambil, tiru, dan terapkan apa saja yang sudah berjalan efektif di sini, karena kasus kekerasan pada anak ini semakin mengkhawatirkan sehingga harus segera dicarikan solusinya,” ujar Imas di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Kabupaten Banyuwangi, Agus Siswanto, yang  didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Banyuwangi, M. Pua Jiwa, menyambut hangat kedatangan rombongan tersebut.

Di hadapan puluhan tim P2TP2A ini, Agus menjelaskan Banyuwangi selama ini telah menginisiasi sejumlah program yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan, pendidikan dan perlindungan bagi anak.

Untuk perlindungan anak dari kekerasan, urai Agus, Banyuwangi telah menggagas program Banyuwangi Children Center (BCC). Setiap anak dan orang yang melihat atau mengalami kekerasan, bisa langsung melaporkan ke pusat pengaduan yang langsung tersambung dengan para pemangku kepentingan, mulai dari aparat pemerintah, kepolisian, dan jaksa.

“BCC ini cara untuk melindungi anak dari kekerasan dan kejahatan. BCC sampai sekarang menjadi instrumen yang ampuh dalam mengurangi kekerasan pada anak karena penanganannya yang cepat dalam merespons aduan,” tuturnya.

Berdasarkan data Pusat Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) Banyuwangi, kekerasan anak mengalami penurunan dari 102 kasus pada 2015 menjadi 88 kasus per November 2016.

Sejumlah program lain pro anak dan perempuan yang telah digagas Pemkab Banyuwangi antara lain percepatan pengurusan akta kelahiran melalui progra Lahir Procot Pulang Bawa Akta, penyediaan wifi di ruang publik yang telah terlindungi dari konten pornografi, pembentukan taman posyandu, program Anak Tokcer, dan pemberian makanan bagi balita. Juga pembentukan kelompok pendukung ASI dan motivator gizi, pemberian Beasiswa Banyuwangi Cerdas, Siswa Asuh Sebaya, dan Gerakan Daerah Angkat Anak Muda Putus Sekolah (Garda Ampuh). 

Di bidang pemberdayaan dan perlindungan perempuan, Pemkab Banyuwangi juga telah menginisiasi sejumlah program. Antara lain program Sakina (Stop Kematian Ibu dan Anak) dan program pelatihan home industry bagi ibu. “Banyak program kami yang melibatkan para ibu sebagai penggeraknya. Seperti program arisan pembangunan jamban, tukang sayur yang kami ajak menjadi pemburu ibu hamil dengan resiko tinggi, dan sebagainya,” jelas Agus.

Banyuwangi sendiri juga telah berhasil meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2016 dari pemerintah pusat atas komitmennya terhadap perlindungan perempuan dan anak, pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak-hak anak.

Selain Kabupaten Karawang Jawa Barat, di waktu yang bersamaan Kabupaten Sorong, Papua juga berkunjung ke Banyuwangi untuk belajar tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Sedikitnya ada 5 orang ikut dalam rombongan yang dipimpin langsung Sekda Kabupaten Sorong, Moh. Said Nur. (*)

 

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id