Komunitas Yoga Banyuwangi Gelar Outdoor Yoga di Pantai Syariah

14-03-2017 Komunitas Yoga Banyuwangi Gelar Outdoor Yoga di Pantai Syariah

BANYUWANGI – Keberadaan Pantai Syariah Banyuwangi yang baru saja dilaunching awal Maret  lalu tak dilewatkan begitu saja  oleh masyarakat dan berbagai komunitas. Setelah sebelumnya komunitas mural yang berlomba-lomba mempercantik pantai ini dengan hasil karyanya, kini giliran komunitas yoga Banyuwangi yang Minggu (12/3) sore lalu mengadakan latihan bersama di sana.

Sejumlah perempuan dari beragam kalangan usia terlihat sangat antusias mengikuti latihan outdoor yoga tersebut. Mereka memanfaatkan sisi sebelah utara pantai Pulau Santen untuk berlatih, lengkap dengan matras yang khusus mereka bawa  dari rumah.

Suasana sore yang sejuk dan angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat peserta semakin nyaman dan fokus untuk berlatih. Seperti yang dilakukan oleh Anis dan Astutik, dua di antara peserta yoga lainnya yang terlihat sangat bersemangat. Mereka begitu lincah melakukan gerakan-gerakan yoga, meski terkadang setiap gerakan tersebut sangat berat dan menuntut kelenturan otot tubuh.

Secara bergantian mereka mempraktekkan bermacam-macam gerakan. Seperti bhujangasana, yakni latihan mengencangkan perut, melenturkan pinggang dan tulang belakang. Badan direbahkan dalam posisi tengkurap dengan kaki lurus di atas matras, telapak tangan diletakkan di bawah bahu. Setelah itu telapak tangan ditekan dan tubuh diangkat sambil mengambil napas perlahan. Juga gerakan-gerakan yoga lainnya seperti padahastasana, chaturanga, headstand, handstand, dan gerakan-gerakan yoga lainnya. Beberapa gerakan bahkan dilakukan secara ber-partner.

“Saya kalau sehari saja absen dari latihan yoga, badan rasanya sakit semua. Karena itu saya nggak pernah melewatkan setiap kelas yoga yang saya ikuti, karena sekaligus di situ saya membetulkan posisi tubuh yang kadang salah atau bengkok,” ujar Anis, warga Kelurahan Sobo, Banyuwangi.

Anis mengaku ini pertama kalinya yoga di Pantai Syariah. Sebelumnya dia pernah mengikuti yoga outdoor lainnya di Pantai Boom dan Perkebunan Kalibendo Banyuwangi. “Baguslah kalau ada pantai khusus perempuan seperti ini. Privasi kita jadi lebih terjaga. Apalagi kalau buat latihan yoga seperti ini,” ujar Anis yang tergabung dalam kelompok yoga Jenggirat Tangi.

Sementara itu, instruktur yoga Banyuwangi, Nurhayani mengatakan pihaknya merasa senang mendapat tempat berlatih baru yang ramah bagi perempuan. “Ini bisa menjadi alternatif tempat berlatih yoga outdoor bagi kami. Disini enak buat berlatih. Saking antusiasnya mendapat tempat latihan baru, mereka sampai minta latihan rutin tiap minggu ke 2 dan ke 4 setiap bulannya disini,” kata Nurhayani.

Komunitas yoga di Banyuwangi sudah memiliki banyak anggota. Kini anggotanya sudah tersebar di seluruh Banyuwangi. Sejak pertama kali terbentuk tahun 2012 dengan nama Banyuwangi Yoga Community, kini namanya berubah menjadi Jenggirat Tangi Yoga. Itu semata-mata agar lebih menunjukkan ciri khas ke-Banyuwangi-annya. Ada 19 pengajar yoga di Banyuwangi. Mereka merupakan instruktur yoga berlisensi yang tergabung dalam Persatuan Instruktur Yoga Indonesia (PIYI)-Banyuwangi. (Humas)

 

 

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id