Mendikbud Muhadjir Efendy Resmikan Education Hotel Kusuma SMKN 1 Banyuwangi

04-03-2017

education hotelonline<span 13px;"="">.

“ Edotel ini sangat bermanfaat, berperan sebagai teaching factory dimana siswa bisa belajar praktek secara langsung tidak hanya teori dalam kelas,” kata Menteri Muhajir.

Edotel SMKN 1 Banyuwangi terletak didalam lingkungan sekolah dengan kamar sebanyak 12 buah. Terdiri atas 10 kamar deluxe dan 2 kamar superior. Setiap kamar dilengkapi dengan AC dan televisi, dilengkapi kamar mandi dalam dengan air panas dan dingin, persis seperti kamar-kamar hotel bintang 4.

“Cara ini akan memberikan ketrampilan yang dibutuhkan oleh siswa. Ini bisa menjembatani dengan lapangan kerja yang sesungguhnya,” tutur Muhajir.

Muhajir menambahkan SMK ikut berperan dalam mendukung pariwisata dengan menyediakan tenaga trampil di bidang ini. Apalagi saat ini  pariwisata menjadi salah satu dari empat bidang yang menjadi prioritas pemerintah pusat selain bidang pertanian, kemaritiman dan ekonomi kreatif.

“Kita kalau mau bersaing di bidang manufaktur dan teknologi sudah tertinggal jauh dari negara-negara lain seperti Tiongkok. Maka pemerintah mengambil peluang bidang yang kita bisa bersaing didalamnya salah satunya adalah pariwisata,” ujar mantar rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Sementara itu ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiyono, edotel yang dimiliki oleh SMKN 1 Banyuwangi menjadi tempat praktek bagi siswa prodi perhotelan sekolah tersebut. Praktek yang dilakukan meliputi house keeping dan manajemen front office.

“Edotel ini sengaja dibangun untuk memberikan pengalaman kerja yang nyata bagi para siswa. Yang praktek adalah siswa kelas sepuluh dan sebelas. Kalau kelas dua belas tidak karena fokus persiapan ujian kelulusan,” kata Sulihtiyono.

Edotel tersebut juga disewakan untuk umum. Harga yang ditawarkan untuk kamar deluxe Rp. 275 ribu dan kamar superior Rp. 175 ribu.

“Sekolah juga bekerja sama dengan beberapa agen travel lokal dan menawarkannya melalui beberapa situs travel online seperti www.pegipegi.com dan www. traveloka.com,” pungkas Sulih. (humas)

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id