Peringati Hari Jadinya, Banyuwangi Gelar Doa Bersama dan Khotmil Qur’an

18-12-2016 Peringati Hari Jadinya, Banyuwangi Gelar Doa Bersama dan Khotmil Qur’an

 

BANYUWANGI - Memperingati Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-245, Pemkab Banyuwangi memperingatinya  dengan menggelar doa bersama dan khotmil qur’an. Doa bersama ini dimulai dua hari sebelum peringatan, semua kantor dan masjid menggelar doa bersama dan khataman Al- qur’ran. Persis tiba Hari Jadi Banyuwangi Minggu (18/12) digelar khotmil quran dan doa bersama yang dipusatkan di pendopo.

Khotmil al-qur'an ini diikuti 150 hafid dan hafidoh dari berbagai wilayah di Banyuwangi. Mereka secara bersama-sama melantunkan ayat-ayat suci al-quran dan berhasil khatam 49 kali. Khotmil quran dimulai pukul 08.30 hingga menjelang Magrib  dan diakhiri sholat Magrib berjamaah serta doa bersama, dipimpin KH Syamsul Arifin dari Jember.

Doa bersama ini juga sebagai peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW yang jatuh bertepatan dengan Hari Jadi Banyuwangi tahun ini.

Dikatakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Harjaba tahun ini kita maknai dengan nuansa keprihatinan. Karena situasi di tahun 2017 kedepan akan sulit, lapangan kerja akan semakin sedikit dan pengangguran meningkat. “Asumsi ekonomi makro juga akan berubah dan itu tentunya juga akan dirasa Banyuwangi. Begitu beratnya tantangan di tahun 2017 nanti, maka Harjaba tahun ini kita penuhi doa dan ikhtiar agar di tahun ke depan diberi kemudahan. Sehingga segala problem kita bisa diatasi," ujar Bupati Anas. 

Selain itu Bupati Anas juga meminta kepada seluruh kantor, intansi dan sekolah-sekolah mulai besok untuk melakukan doa bersama untuk Banyuwangi. "Mudah-mudahan dengan kita berdoa bersama sambil berikhtiar diberi kemudahan dan bisa menghadapi segala tantangan dimasa mendatang," kata Bupati Anas.

 Acara puncak Harjaba ini nanti akan dipuncaki dengan Banyuwangi bersholawat yang menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Stadion Diponegoro, selasa malam (20/12). "Maka dari itu mari kita ajak saudara, keluarga dan kaum muslimin yang ada di Banyuwangi untuk bersama-sama berdoa dan melantunkan sholawat akbar secara bersama-sama," pungkas Bupati. (Humas)

 


Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id