Plt Sekda Ajak Seluruh Elemen Peduli KB

16-06-2017 Plt Sekda Ajak Seluruh Elemen Peduli KB

Antisipasi Pesatnya Pertumbuhan Penduduk

BANYUWANGI – Pembangunan di suatu negara sangat dipengaruhi pertumbuhan penduduk. Jika laju pertumbuhan penduduk tidak terkendali dan tumbuh begitu cepat maka pembangunan  akan menjadi tidak bermakna.

Sebagai upaya pengendalian pertumbuhan penduduk melalui program kependudukan dan keluarga berencana, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Kamis (15/6).

Rakorda ini bertujuan untuk mewujudkan komitmen kebijakan strategis untuk memenuhi sasaran Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017 dan penguatan kebijakan-kebijakan dalam perumusan rencana strategis (renstra) BKKBN 2015 – 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Agus Siswanto mengatakan, laju pertumbuhan penduduk mutlak harus dikendalikan. Sebab apabila jumlah penduduk meningkat, ujar Agus, akan berdampak sangat luas. Seperti makin tingginya biaya kesehatan khususnya kesehatan reproduksi, pemenuhan biaya pendidikan dan meningkatnya pemenuhan biaya hidup.

“Kegagalan kita dalam program KB akan berakibat pada penyediaan daya tampung dan daya dukung lingkungan, berkurangnya ketersediaan pangan, air dan kebutuhan hidup yang semakin tidak seimbang. Jika ini terjadi yang dikhawatirkan adalah adanya krisis pangan, air dan dampak lain yang berkaitan dengan berkurangnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada,” katanya.

Agus menambahkan, laju pertumbuhan penduduk Banyuwangi sebesar 0,68 persen pada tahun 2016. Ini  relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk Jawa Timur yang mencapai 0,76 persen, dan laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang 1,45 persen.

“Walau begitu yang wajib diwaspadai bahwa angka kelahiran di Banyuwangi setiap tahunnya lebih dari 23 ribu bayi yang dilahirkan. Ini apabila tidak dikendalikan, apalagi yang lahir ini berasal dari keluarga yang belum siap secara fisik, psikologis dan ekonomi, maka tidak hanya akan jadi beban keluarga tapi juga jadi beban pemerintah,”beber Agus.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang ditimbulkan di kemudian hari, Agus mengajak seluruh elemen untuk menyukseskan program KKBPK di Banyuwangi. Sehingga percepatan pencapaian tujuan program kependudukan dan KB yaitu keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dapat terwujud. “Saya minta kepada para camat, kepala puskesmas, para Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) terus meningkatkan semangat dalam bekerja,”pinta Agus.

Sementara itu ditambahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Banyuwangi, Muhammad Pua Jiwa, di tahun 2016 capaian KB di Banyuwangi sangat baik dan sebagian melampaui sasaran yang ditetapkan. “Capaiannya diantaranya persentase KB baru Metode KB Jangka Panjang (MKJP) berhasil mencapai 18,43 persen dari 28,40 persen yang ditetapkan. Persentase KB Aktif MKJP 29,12 persen dari 20,61 persen,” kata Pua.

Selain itu, tandas Pua,  jumlah peserta KB baru tercapai 46.558 orang dari 41.153 orang yang ditargetkan. Peserta KB aktif tercapai 256,296 dari 201.343 orang. Persentase Kesertaan KB pria (MOP dan kondom) 1,92 persen dari 1,37 persen. Namun ada 1 indikator yang belum tercapai, sehingga perlu terus ditingkatkan, yaitu persentase KB baru MKJP.

Kegiatan ini diikuti oleh 240 orang yang terdiri dari Camat, Tim Penggerak PKK, Kepala Puskesmas, Koordinator PLKB, LSM, kepala desa, serta koalisi kependudukan dan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) di Banyuwangi.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini juga diisi dengan pemberian materi. Seperti Kebijakan dan rencana operasional program KKBPK oleh Kepala DPPKB.  Pengembangan dukungan mitra terkait pada program KB dan kesehatan oleh Dinas Kesehatan, serta peran TNI dalam mendukung program KKPBK oleh Komandan KODIM 0825 Banyuwangi. (*)

 

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id