24 Penegak dan Pandega Kwarcab Banyuwangi Akan Berangkat ke Rainas

BANYUWANGI – Sebanyak 24 Penegak dan Pandega dari Kwartil Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Banyuwangi, akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XI di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017.

Ke 24 anggota pramuka ini adalah para pelajar terpilih dari berbagai SMA/SMK yang ada di Banyuwangi. Wajah-wajah bahagia dan ceria tampak menyelimuti mereka, seperti yang terlihat pada Faradila Utami. Pelajar dari SMAN I Genteng ini, menyatakan bangga bisa mewakili Banyuwangi mengikuti Rainas. “Senang sekali bisa berangkat ke Rainas, ini impian saya, karena bisa ketemua banyak teman dan sahabat, tentu juga dapat ilmu baru,” kata siswa kelas XI ini.  

Sebelum berangkat ke ajang pentas pramuka tingkat nasional tersebut, mereka sempat berpamitan kepada Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, Banyuwangi.

Dalam kesempatan ini, Wabup Yusuf meminta para wakil delegasi Banyuwangi ini untuk turut memprpmosikan Banyuwangi selama mengikuti Rainas di Cibubur.

“Rainas ini kan pestanya pramuka seluruh Indonesia. Tentu disana kalian akan saling bertemu dengan banyak teman yang datang dari seluruh nusantara, gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan prestasi dan kehebatan daerah kalian,” kata Wabup, saat melepas kotingen ini, di Lounge Pelayanan Publik, Rabu (9/8).

Dikatakan Wabup Yusuf, saat ini kondisi Banyuwangi sudah jauh berbeda dengan tujuh tahun lalu. Beragam prestasi dan penghargaan dari berbagai bidang telah diraih Banyuwangi. Mulai dari pemerintahan, pariwisata, pendidikan, inovasi pelayanan publik, kesehatan hingga kebersihan telah disandang Banyuwangi.

“Sebagai duta Banyuwangi, kalian harus membekali wawasan dan informasi yang banyak tentang Banyuwangi, misalnya bisa menunjukkan sejumlah destinasi dan obyek pariwisata yang bisa dikunjungi wisatawan dan kemudahan akses menuju ke sana,” kata Wabup.

Selain itu, Wabup juga sempat memberikan suport dan motivasi kepada anak-anak ini untuk percaya diri selama mengikuti kegiatan Rainas. “Selama disana kalian harus percaya diri, kalian ini adalah anak-anak terpilih dan berprestasi di bidang pramuka. Ini kan bukan ajang kompetisi tapi ajang saling mengenal antar pramuka dari berbagai suku, kalian harus menggunakan kesempatan ini dengan baik, sehingga saat pulang nanti banyak ilmu yang diperoleh,” pungkas Wabup.

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Pramuka Kabupaten Banyuwangi, drh Budiyanto menambahkan, 24 penegak dan pandega ini adalah para pelajar dari berbagai SMA dan SMK Negeri/swasta yang ada di Banyuwangi. Mereka ini, para pelajar yang terseleksi dan terpilih. “Mereka akan mengikuti Rainas di Cibubur, dari tanggal 13 – 21 Agustus 2017. Besok pagi mereka akan kami berangkatkan dari Kwarcab Pramuka,” kata Budiyanto.  

Selama semingu nanti, para pelajar ini akan mengikuti Rainas di Bumi Perkemahan Cibubur dengan sejumlah kegiatan senang-senang yang positif dan mengispirasi. Antara lain, Untuk di area perkemahan, pentas seni, festival dan karnaval, jumpa tokoh dan kegiatan lain. (*)