Awali Agustusan, Banyuwangi Gelar Festival Sepeda Hias

BANYUWANGI – Mengawali kemeriahan peringatan HUT Proklamasi RI yang ke – 72, Banyuwangi menggelar Festival Sepeda Hias. Festival yang diikuti lebih dari 3.000 pelajar tingkat sekolah dasar dan menengah pertama SD- SMP ini, digelar Sabtu (12/8), dari depan kantor pemkab Banyuwangi.

Suasana meriah dan pun terlihat saat ribuan pelajar ini menggoes sepeda hias warna wani di sepanjang kota Banyuwangi. Sementara itu ribuan masyarakat berjajar di sepanjang jalan untuk menyaksikan atraksi ribuan pelajar ini.  

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, festival sepeda hias sengaja digelar untuk menumbuhkan jiwa pratiotisme dan rasa nasionalisme kebangsaan pelajar. Sesuai tema kemerdekaan RI, dimana semua diajak untuk bekerja sama dan bahu membahu membangun negeri.

“Melalui festival ini kami ingin membangun pondasi mental anak muda untuk selalu memiliki jiwa nasionalisme, cinta tanah air, memiliki semnagat saling gotong royong dan bekerja sama,“ kata Bupati Anas, saat membuka festival sepeda hias, Sabtu (12/8).

Pawai sepeda hias ini diikuti sekitar 3.000 pelajar dari 15 SD dan SMP yang ada di Banyuwangi. Mereka berpartisipasi dalam festival dengan menghias sepeda goesnya dengan kertas warna-warni dan tambahan beraneka ornamen hiasan untuk memperindahnya.

Festival tahun ini, tampaknya lebih kental nuansa kebangsaannya. Hampir peserta pawai menghias sepedanya dengan berbagai ornamen berbagai kekhasan suku di Indonesia. Seperti rumah Minangkabau, rumah adat suku using dan lainnya. Tidak hanya sepedanya yang tampil istimewa, para siswa pun mengenakan aneka kostum bhineka tunggal ika. Selain juga mengusung kostum tokoh-tokoh pejuang Banyuwangi.

Mulai dari kostum pejuang asli Banyuwangi seperti Sayu Wiwit, Minak Jinggo, Kencono Wungu. Ada juga yang berkostum pejuang era kebangkitan nasional  seperti tokoh proklamator lengkap dengan panggung untuk membaca naskah proklamasi. Selain itu mereka juga membawakan pakaian adat Bhinneka Tunggal Ika hingga kostum pemuka agama yang mencerminkan keharmonisan pluralisme di Banyuwangi .

Festival sepeda hias ini menempuh jarak sekitar 4 kilometer yang dimulai dari depan Kantor Pemkab Banyuwangi dan finish di depan Kantor Kecamatan Banyuwangi. Rutenya adalah Jl. A. Yani – Jl. Dr. Sutomo – Jl. Diponegoro –Jl. MT Haryono – Jaln Kolonel Sugiono - Jl. Brigjen Katamso dan kembali ke A Yani untuk finish di depan kantor Kecamatan Banyuwangi.

Peringatan Agustusan, di Banyuwangi masih akan dilanjutkan serangkaian even Agustusan . Diantaranya, besok pagi Minggu (13/8) akan digelar Karnaval Pelajar dan Umum, selanjutnya ada Pawai Lampion 14 Agustus. Dilanjutkan Festival Merdeka dan Gebyar Merah Putih, 23 Sedangkan rangkaian peringatan tujuh belas Agustus akan diawali Tasyakuran Kemerdekaan pada 16 Agustus, Detik detik Proklamasi dan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Resepsi Kenegaraan pada 17 Agustus. Sebagai penutup pada gelaran Agustusan akan ada gerak  jalan tradisional yang menempuh jarak 45 km. (*)