Bupati Anas Lepas Angkatan Pertama PKL Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unair

17-07-2017 Bupati Anas Lepas Angkatan Pertama PKL Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unair

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melepas mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) yang dijadwalkan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Senin (17/7). Mereka ditempatkan di Kecamatan Kalipuro, masing-masing di Desa Pesucen, Telemung, Klatak dan Bulusan.

Saat melepas rombongan mahasiswa tersebut, Anas mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program PKL ini. “Saya sangat mendukung program yang dijalankan Unair Banyuwangi ini untuk pertama kalinya. Harapan saya, angkatan pertama ini punya program khusus yang bisa diterapkan di lapangan,” kata Anas.

Anas juga berharap, peserta PKL ini bisa menemukan solusi alternatif terkait kesehatan masyarakat. “Semoga program ini bermanfaat dan bisa bersinergi dengan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Sehingga bisa membantu mengentaskan kemiskinan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, dosen pendamping para mahasiswa tersebut, Jayanti Dian Ekasari mengatakan, program ini dimaksudkan agar mahasiswa bisa menjadi mitra masyarakat. “Kami berharap mereka bisa bermitra dengan masyarakat supaya masyarakat lebih berdaya guna,” tuturnya.

Dipilihnya 4 desa tersebut sebagai lokus penyelenggaraan PKL, ujar Jayanti, merupakan rekomendasi dari Dinas Kesehatan. “Ke depannya kami ingin menjadikan desa-desa tersebut sebagai desa binaan yang bisa menjadi media untuk penelitian, pengabdian masyarakat, dan Program Unair Mengajar. Sebelumnya kami sudah punya desa binaan di Kecamatan Licin. Kami ingin punya desa binaan yang meng-cover kawasan pegunungan dan pesisir,” tandasnya.

Salah satu peserta PKL, Yogi Yuwono menerangkan, dia bersama rekan-rekannya akan turun ke lokasi PKL dan langsung melakukan pemetaan masalah. “Kita akan mengidentifikasi permasalahan yang ada di sana, melihat akar permasalahannya, kemudian mencari solusi atas masalahnya. Tentunya disesuaikan dengan sumber daya yang ada di sana. Semoga pengabdian kami menjadi nilai positif dan bisa membantu masyarakat,” terangnya.

Prodi Kesehatan Masyarakat Unair angkatan tahun 2014  ini merupakan angkatan pertama yang turun untuk melakukan program PKL. Mereka akan menjalankan PKL ini selama 35 hari dengan sistem in – out. Yakni 28 hari stay di lokasi, dan 7 hari di kampus. Program ini melibatkan 38 mahasiswa dan 7 dosen pendamping. (*)

 

  Streaming Blambangan FM

Copyright © 2017 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Jalan Ahmad Yani 100 Telp. 0333 425001

Website : www.banyuwangikab.go.id