Bupati Anas Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Kantor Pemkab

BANYUWANGI – Bupati Abdullah Azwar Anas menjadi pembina upacara peringatan Hari Pahlawan di Kantor Pemkab Banyuwangi, Selasa (10/11/2020). Upacara digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan Itu, Anas membacakan sambutan Menteri Sosial Juliari P Batubara. Tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini adalah 'Pahlawanku Sepanjang Masa'.

"Pada hari ini di seluruh pelosok tanah air dan Perwakilan RI di Luar Negeri, kita dapat melaksanakan Upacara Bendera dan Mengheningkan Cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi Covid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan," ujar Anas saat membacakan sambutan Menteri Sosial. 

Dia kemudian mengajak semua pihak untuk berkontribusi untuk membangun bangsa dan negara. Kontribusi yang bisa dilakukan bisa dengan cara menolong sesama, saling menghargai satu sama lain dan memiliki empati.

"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain," kata Anas membacakan sambutan Mensos.

Anas melanjutkan peringatan Hari Pahlawan ini juga harus menjadi momen untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi daerah. Apalagi Banyuwangi pada Oktober lalu ditetapkan sebagai peringkat pertama oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai kabupaten/kota dengan kinerja terbaik se-Indonesia.

"Ini adalah penghargaan untuk kita semua. Kita semua wajib menjaga prestasi-prestasi ini, dan meningkatkannya. Bekerja keraslah untuk daerah ini sebagaimana spirit yangvtelah diteladani oleh pahlawan kemerdekaan kita saat mempertahankan bangsa kita," kata Anas. 

Upacara ini diikuti jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Antara lain Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifuddin. Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Joko Setiyono serta Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Mohammad Rawi. Selain digelar secara terbatas di halaman Pemkab Banyuwangi, upacara ini juga diikuti secara virtual oleh OPD lainnya.

Sebelumnya, digelar pula upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria Banyuwangi. Bertindak sebagai inspektur upacara Danlanal Banyuwangi. (*)