Harlah IKSASS Rayon Banyuwangi, Bupati Ipuk Ajak Sinergi Majukan Daerah

BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammas SAW dan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) Situbondo Rayon Banyuwangi di PP Nurut Taqwa, Songgon, Minggu (10/10/2021). IKSASS adalah organisasi para santri alumni Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo, ponpes yang didirikan KHR Syamsul Arifin. 

”Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo selama ini telah berperan dalam berbagai kehidupan masyarakat, menghasilkan alumni di seluruh Indonesia, termasuk Banyuwangi. Para alumnusnya mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Kita berutang budi kepada Ponpes Salafiyah Syafi’iyah. Mari kita selalu kirimkan doa-doa terbaik untuk para masyayikh dan keluarga besar Ponpes Sukorejo,” ujar Ipuk. 

Ipuk juga mengajak para alumnus yang tergabung di IKSASS untuk bersinergi membangun daerah. "IKSASS adalah organisasi yang berperan dalam pengembangan daerah. Oleh karena itu, saya sangat berharap seluruh anggota IKSASS bisa bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi untuk memberi manfaat kepada masyarakat luas," ungkap Ipuk.

Selama ini, imbuh Ipuk, para alumnus pesantren tersebut telah banyak memberikan kontribusi terhadap pengembangan daerah. Terutama dalam sektor pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

"Kontribusi yang selama ini diberikan oleh teman-teman IKSASS di berbagai sektor, seperti pendidikan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya sangat diharapkann oleh masyarakat untuk terus ditingkatkan," harap Ipuk.

Lebih jauh, Ipuk juga mengajak keluarga besar IKSASS untuk turut bersama menanggulangi Covid-19. Seperti menyukseskan vaksinasi Covid-19 hingga penerapan protokol kesehatan. "Banyuwangi kini masuk PPKM level 2. Ini harus kita pertahankan, dan bahkan bisa lebih baik lagi. Sehingga kegiatan pengajian seperti ini bisa terus dilaksanakan," terang Ipuk.

Sementara itu, Ketua IKSASS Rayon Banyuwangi H. Muhammad Yamin mengapresiasi kehadiran Bupati Banyuwangi dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Harlah IKSASS tersebut. "Terima kasih atas kehadirannya di tengah kepadatan aktivitasnya," ungkapnya.

Yamin juga menyatakan bahwa IKSASS siap untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi. "Selama untuk kesejahteraan masyarakat Banyuwangi, kita siap," imbuhnya.

Ali Mahrus, salah seorang perwakilan pengurus IKSASS sekaligus Pengasuh PP Nurut Taqwa, menambahkan, alumnus PP Salafiyah Syafi'iyah Situbondo di Banyuwangi telah berkiprah di banyak bidang. Mulai dari bidang pendidikan, sosial, politik hingga birokrasi.

"Selain ada yang menjadi kiai dan guru ngaji, juga tidak sedikit yang menjadi ketua di lembaga-lembaga sosial, seperti BAZNAS, Badan Waqaf Indonesia dan sebagainya. Ada pula yang menjadi pejabat Kemenag hingga anggota DPRD," ungkapnya.

Peringatan Harlah Ke-33 Iksass tersebut dihadiri oleh alumni dari berbagai kecamatan di Banyuwangi dan dari berbagai generasi. Tampak hadir sejumlah kiai yang juga bagian dari IKSASS. Seperti KH. Ishak Wongsorejo, KH. Hayatul Iksan, dan sejumlah kiai lainnya. (*)