Tinjau MPP, Wabup Banyuwangi Minta Layanan Publik Terus Ditingkatkan

BANYUWANGI - Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah mengecek pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyuwangi, Jumat (5/3/2021). Sugirah datang untuk melihat lebih dekat pelayanan di Mal Pelayanan Publik. 

Didampingi Kepala Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Wawan Yadmadi, Sugirah berkeliling ke tiap desk yang ada. Dia menanyakan permasalahan atau kendala yang dialami petugas, sekaligus langsung bertanya kepada warga terkait pelayanan di Mal Pelayanan Publik.

"Saya ingin mengetahui detail pelayanan di sini. Apa saja kendalanya, apa yang perlu ditingkatkan. Intinya, kami ingin meningkatkan pelayanan di pusat pelayanan ini. Jadi saya datang untuk memastikan apa yang perlu ditingkatkan," kata Sugirah. 

Sugirah juga mengecek langsung Klinik Perijinan yang ada di sana. Klinik ini dibuka bagi warga yang hendak berkonsultasi terkait masalah perijinan dan pelayanan administrasi lainnya.  Sugirah meminta agar klinik perijinan dijadikan sebagai tempat untuk memecahkan masalah warga. 

“Saya berharap klinik perijinan ini bisa optimal pelaksanaannya. Warga yang kesulitan mengurus, silakan berkonsultasi di sana. Petugas wajib memberikan informasi dengan baik. Klinik Perijinan ini haru benar-benar berfungsi sebagai tempat warga memperoleh solusi,” tegas Sugirah.

Sugirah berpesan agar orang-orang yang bertugas di klinik perijinan adalah orang-orang yang berkompeten sehingga bisa benar-benar membantu warga.

“Banyuwangi banyak dikenal dengan beragam inovasi pelayanan publik yang memudahkan warga. Rapor yang sudah baik ini supaya diteruskan dan ditingkatkan. Jadi klinik ini harus berfungsi optimal agar pelayanan dari hulu hingga ke hilir betul-betul dirasakan rakyat,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Sugirah juga berpesan kepada seluruh petugas pelayanan agar senantiasa bekerja dengan performa yang baik. Memberikan pelayanan diniatkan untuk membuat warga terlayani dengan baik. 

“Tidak ada yang mau dinomorduakan. Semuanya pasti ingin diprioritaskan. Pesan saya, berikan pelayanan prima dan layani dengan kesabaran. Jika ada kendala, misalnya protes atau kemarahan orang yang mengurus perijinan, semaksimal mungkin harus dibantu agar bisa terselesaikan dengan maksimal. Kita harus terus berupaya meningkatkan pelayanan yang sudah terintegrasi ini,” lanjut Sugirah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Wawan Yadmadi berjanji untuk terus memperbaiki kualitas layanan perijinan di Banyuwangi.

“Ke depan kami akan terus berbenah, memperbaiki kualitas layanan prima di sini. Kami juga akan terus melakukan perbaikan di sektor layanan perijinan. Klinik perijinan adalah salah satu cara kami untuk meningkatkan pelayanan di sini,” kata Wawan.  (*)