753 Regu Semarakkan Gerak Jalan Tradisional 8 Km

Sabtu, 29 Agustus 2015


BANYUWANGI – 753 regu SD/MI se Kabupaten Banyuwangi menunjukkan totalitasnya dalam  menyemarakkan gerak jalan tradisional 8 Km, Sabtu (29/8). Dengan kostum olahraga beraneka warna dan berbagai atribut pelengkap, penampilan mereka tampak serasi dan kompak. Kekompakan itu semakin terlihat dari yel-yel yang dipekikkan dan lagu- lagu perjuangan yang dinyanyikan dengan lantang.

Tepat pukul 07.00 WIB, para peserta diberangkatkan dari depan Wisma Atlet GOR Tawangalun. Para peserta yang telah mempersiapkan diri sejak pagi dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono. Rute yang ditempuh  start di GOR Tawangalun – Jl. Gajah Mada – Jl. Brawijaya – Jl. Adi Sucipto – Jl. A. Yani – Jl. Dr Soetomo hingga finish di Taman Blambangan.

Di sepanjang jalan yang dilalui, masyarakat yang ingin menyaksikan pun tak kalah bersemangat meski cuaca cukup terik. Di beberapa titik yang dekat dengan sekolah, pusat perbelanjaan, pertigaan, simpang lima  dan warung-warung makan mereka bahkan terlihat menonton secara bergerombol.

“Banyak kawan dan saudara saya yang ikut. Makanya saya bela-belain nonton. Apalagi tadi teman-teman ngajak nonton rame-rame sepulang sekolah,” tutur  Aisyah Ramdhani. Siswi kelas 6 di salah satu SD di kawasan Kelurahan Penganjuran yang menonton di Simpang Lima tersebut mengatakan dirinya senang melihat gerak jalan ini. Peserta gerak jalan, kata Aisyah, terlihat  bersemangat dan sangat menikmati lomba yang diadakan sebagai penutup peringatan HUT RI ke 70 ini.

Gerak jalan 8 Km ini menjadi awal kegiatan dari  rangkaian gerak jalan tradisional Banyuwangi yang terbagi atas 3 kategori. Yakni 8 Km, 17 Km dan 45 Km.

Menurut Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ,Wawan Yadmadi, ada yang berbeda dari pelaksanaan gerak jalan tradisional tahun ini dibandingkan sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, ketiga kategori tersebut finish di Gesibu Blambangan. Namun tahun ini hanya kategori 8 Km saja yang finish di Gesibu Blambangan. Dua kategori lainnya finish di lokasi yang  berbeda karena startnya juga mengalami perubahan.

Peserta kategori 17 Km yang merupakan  pelajar SMP/SMA/Umum putri, akan diberangkatkan dari Lapangan Desa Benculuk, Kecamatan Cluring tepat pukul 13.00 WIB. Sedangkan  kategori 45 Km yang  diikuti pelajar SMA dan umum putra, serta perorangan putra putri,  akan dilepas dari Lapangan Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran pada pukul 15.00 WIB. Keduanya finish di depan Kantor Bank Rani, Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi.

Bupati Abdullah Azwar Anas dijadwalkan akan melepas keberangkatan peserta kategori 45 Km. Usai memberangkatkan regu SMA/Umum  dari Lapangan Desa Gambiran, Bupati Anas akan ikut turun ke jalan, turut dalam barisan regu kehormatan, bersama dengan Wabup dan Sekkab, termasuk para kepala SKPD  dan camat.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini pun cukup membludak. Peserta kategori 8 Km mencapai 753 regu. Sementara kategori  17 Km sebanyak 210 regu dan 45 Km sebanyak 117 regu. Jumlah itu, masih bisa bertambah, karena  peserta perorangan masih boleh mendaftar hingga menjelang dimulainya kategori 45 Km sore nanti. Selain mendapatkan piagam, nantinya  peserta juga  akan memperebutkan trophy dan tabungan total sebesar Rp 42.500.000. (Humas & Protokol)

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :