Agen Wisata dan Media Malaysia Kian Gencar Promosikan Banyuwangi
Selasa, 15 Januari 2019
BANYUWANGI – Banyuwangi terus mempromosikan destinasi wisatanya kepada wisatawan Malaysia. Difasilitasi Kementerian Pariwisata RI, di Banyuwangi digelar Product Briefing & Business Matching Banyuwangi Destination yang mengundang agen travel dan media travel Malaysia dengan tujuan menggaet wisatawan dari negara jiran tersebut.
Acara Product Briefing & Business Matching Banyuwangi Destination yang dimulai pada Senin (14/1) ini diikuti 36 pelaku usaha wisata, terdiri atas 16 seller dari Banyuwangi dan 20 agen travel besar dari Malaysia. Seller dari Banyuwangi antara lain dari hotel, tour operator, pusat oleh-oleh, restoran.
"Ajang ini cara mengenalkan Banyuwangi kepada pelaku usaha wisata Malaysia. Kita pertemukan mereka dengan pelaku usaha Banyuwangi dan juga kita ajak mereka merasakan langsung berwisata ke Banyuwangi, sehingga nantinya mereka bisa mengajak wisatawan untuk ke Banyuwangi,” ujar Anas.
Selain itu, kata Anas, program ini adalah tindak lanjut dari promosi paket wisata program Wonderful Banyuwangi Hot Deals yang didukung penuh oleh Kemenpar. Paket ini diluncurkan sebagai bagian untuk mendongkrak kunjungan wisman ke Banyuwangi, khususnya saat low season seperti bulan Januari ini.
”Awal-awal tahun biasanya memang low season, makanya diluncurkan paket ini yang didukung para pelaku usaha wisata di Banyuwangi. Table Mart yang digelar kemarin itu, adalah salah satu strategi untuk mempromosikan paket ini," kata Anas, Selasa (15/1).
Dalam Wonderful Hot Deals ini, wisatawan cukup membayar 995 MYR (Ringgit Malaysia) atau berkisar Rp 3,4 juta untuk paket wisata ke Banyuwangi, termasuk tiket pp Kuala Lumpur-Banyuwangi oleh Citilink, menginap dua malam di hotel berbintang di Banyuwangi, transportasi lokal, menikmati sejumlah destinasi wisata, hingga berkuliner. Para agen travel ini tampak antusias dengan promosi yang ditawarkan Banyuwangi bagi wisatawan asing. Salah satunya Ramsey Lewis, manajer operasional OTDIX Travel & Tours SDN BHD, Malaysia yang mengaku sangat tertarik dengan paket promo ini. Menurut Ramsey, destinasi wisata Banyuwangi sangat laku dijual.
“Ijen sangat bagus dengan blue –firenya yang cantik. Disana juga ada penambang belerang yang menjadi atraksi Ijen. Ijen akan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis,” ujarnya. Para agen travel tersebut juga diajak mengeksplore destinasi wisata selama enam hari mulai 13 – 18 Januari. Antara lain mengunjungi perkebunan kopi Gombengsari, Kalipuro untuk melihat pengolahan kopi tradisional, Kawah Ijen, perkebunan Kalibaru, Pantai Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo dan Bangsring Under Water.
Menurut Ramsey, Banyuwangi kaya akan kearifan lokal. “Di Banyuwangi bisa melihat orang bercocok tanam, menangkap ikan, juga cara menyimpan kopi tradisional. Apalagi di Banyuwangi masih banyak industri kerajinan tangan yang tentunya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Ramsey.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MY Bramuda, mengatakan untuk menggaet wisatawan Malaysia pihaknya juga mengagendakan kegiatan promosi lainnya, seperti famtrip untuk pelaku wisata. “Mumpung ada promo Banyuwangi Wonderful Hotdeals yang berlangsung hingga 31 Maret 2019, kami akan gencar membuat acara yang intinya menarik wisatawan Malaysia," kata Bramuda.
Sebelumnya, pada Desember 2018 puluhan blogger dan media travel Malaysia lainnya juga telah diundang ke Banyuwangi yang difasilitasi Kemenpar. (*)