Anas Ingin Pasar di Banyuwangi Seperti Pasar Wisata di Thailand

Senin, 28 Mei 2018


BANYUWANGI - Memasuki hari ke dua belas Ramadhan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar buka puasa bersama ratusan pedagang pasar dan tukang becak di Pasar Banyuwangi, Senin (28/5). Di hadapan mereka, Anas mengajak untuk bersama-sama mewujudkan pasar tradisional yang bersih layaknya pasar-pasar di Thailand.  

Dikatakan Anas, kali ini sengaja menggelar safari ramadhan di pasar karena peran pasar yang strategis. Menurutnya, pasar adalah bagian penting perekonomian Banyuwangi, dan untuk itu harus dijaga kebersihannya. 

"Sebenarnya, pasar tidak lagi hanya berfungsi sebagai tempat jualan, namun  juga bisa menjadi suatu destinasi wisata yang menarik. Syaratnya satu, pasarnya rapi dan bersih. Maka, saya minta masyarakat Banyuwangi sadar menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pasar," kata Anas. 

Anas lalu mencontohkan pasar Chatuchak di Thailand, yang seluruh lapaknya tertata rapi dan bersih. Meski pasar tradisional, tapi menyenangkan berbelanja di sana karena tempatnya nyaman dan bersih. Sehingga, saat berbelanja, wisatawan sekaligus juga merasakan sensasi berwisata. 

"Saya ingin pasar Blambangan bisa seperti itu sehingga turis mendapatkan pengalaman yang berbeda saat belanja di tradisiinal. Apalagi, sudah mulai banyak turis yang blusukan ke pasar tradisional, jadi kita harus segera membenahi pasar bareng-bareng. Turia itu kan suka mendatangi tempat yang menawarkan kekhasan suatu daerah, pasar salah contohnya," kata Anas. 

Anas pun mengungkapkan pihaknya akan segera merealisasikan rencana tersebut. "Tidak merombak total, mungkin sebagian pasar yang ditata terlebih dahulu. Kita desain ada yang jual oleh-oleh dan jajanan khas Banyuwangi. Bertahap, kita akan garap sisanya," ujar Anas. 

Untuk keperluan tersebut, Anas berencana mengajak sejumlah pedagang untuk melihat langsung pasar-pasar yang ada di Thailand. "Biar pedagang melek, jika pasar yang nyaman dan bersih itu menyenangkan, dan bisa menambah fungai sebagai obyek wisata," jelas Anas. 

Sore itu, ratusan pedagang pasar dan tukang becak terlihat menikmati momen berbuka puasa bersama Bupati Anas dan jajarannya. "Alhamdulillah, bisa makan bareng-bareng Pak Anas di sini. Senang sekali," kata Sukijan, salah satu tukang becak yang ikut acara tersebut. 

Safari ramadhan kali ini, juga diisi tausiyah yang disampaikan Ustadz Ma'ruf Abu Bakar yang mengajak umat muslim berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadhan. (*)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :