Banyuwangi Akan Gelar Kejuaraan BMX Internasional

Selasa, 22 Maret 2016


BANYUWANGI - Kompetisi olahraga internasional kembali akan dihelat di Banyuwangi. Setelah sebelumnya memiliki International Tour de Banyuwangi Ijen, kini Banyuwangi menggelar even sport lainnya, International BMX Competition 2016. Ajang adu ketrampilan bersepeda ini  akan digelar pada 2 - 3 April mendatang, dan diikuti sedikitnya 8 negara.

International BMX Competition ini telah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Setidaknya 350 peserta dari manca negara akan saling beradu kehandalan. Negara asal peserta antara lain Malaysia, Thailand, Hongkong, Singapura, Timor Leste, Jepang, dan Denmark.

"Target kami 10 negara. Selain 7 negara yang sudah pasti hadir, masih dalam tahap konfirmasi Myanmar Korea, dan Australia," ujar Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi.  

Wawan menambahkan kejuaraan tersebut akan dibagi dalam tiga kategori (lokal provinsi, nasional, dan internasional) yang terdiri dari 14 kelas. Tiga kategori tersebut mempertandingkan kelompok challenge putra-putri, junior putra-putri, dan elit putra-putri.

Sejumah atlet nasional BMX andalan Indonesia dipastikan turut berlaga. Sebut saja Elga Kharisma Novanda, pembalap putri BMX asal Malang, dan Tony  Syarifudin. International BMX Competition 2016 di Banyuwangi ini merupakan salah satu cara agar atlet BMX Indonesia bisa menambah poin sehingga bisa berlaga di Olimpiade Musim Panas  atau Olimpiade Rio 2016 di Brazil pada 5 – 21 Agustus mendatang.

"Bagi pembalap dalam negeri, kejuaraan ini bisa menjadi ajang untuk menambah poin sebelum mengikuti kejuaraan internasional," jelas Wawan.

Kompetisi ini akan dilangsungkan di sirkuit BMX Muncar. Sirkuit berstandard internasional ini berdiri sejak setahun lalu, dan pernah dipergunakan sebagai lintasan atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V 2015. (humas)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :