Bupati Anas Ajak HIPMI Banyuwangi Bangun Optimisme di Tengah Pandemi

Rabu, 21 Oktober 2020


Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para pengusaha untuk membangun optimisme di tengah pandemi Covid-19. Optimisme yang dimaksud adalah, selalu berfikir positif dan berupaya maksimal meski dalam kondisi pandemi.

Hal itu disampaikan Bupati Anas saat memberikan sambutan dalam rapat kerja cabang (Rakercab) Badan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Banyuwangi, Rabu (21/10/2020).  

“Yang penting kita selalu optimis. Terus berfikir positif dan bekerja keras. Saya yakin, pengusaha yang tetap optimis akan mampu bertahan di masa sulit seperti sekarang,” kata Anas.

Anas juga berpesan agar para pengusaha di Banyuwangi jeli memanfaatkan peluang. “Misalnya, pengusaha konveksi bisa bikin masker karena di masa pandemi semua orang butuh masker. Atau pengusaha kuliner bisa bikin layanan delivery order mengingat saat ini orang juga takut ke luar rumah. Peluang-peluang seperti ini yang harus ditangkap agar bisa tetap eksis,” ujar Anas.

Anas pun mencontohkan keputusannya saat memilih sektor pariwisata sebagai instrument penggerak perekonomian daerah. Banyuwangi memiliki bentang alam yang luar biasa. Ada pantai, gunung dan lansekap yang menarik. “Inilah peluang yang kami tangkap untuk mengembangkan ekoturisme,” kata Anas.  

Tak hanya itu, Banyuwangi pun terus berbenah melalui peningkatan infrastruktur dan amenitas. Selain menambah rute di Bandara Banyuwangi yang merupakan bandara hijau pertama di Indonesia, hotel-hotel berbintang terus tumbuh di daerah ujung timur Pulau Jawa itu.

Banyuwangi juga membikin berbagai event menarik sepanjang tahun. Baik yang berskala lokal hingga internasional. Mulai atraksi seni budaya, olahraga, religi, hingga fashion tersaji secara terjadwal dalam rangkaian Banyuwangi Festival.

Bagi Anas, Banyuwangi festival bukan semata-mata instrumen untuk mempromosikan daerah, namun juga alat konsolidasi sosial dan lingkungan. Dengan Banyuwangi festival, semua warga hingga ASN saling bahu membahu untuk mensukseskan acaranya.

“Ini juga yang ingin saya pesankan kepada pengusaha. Mari jaga kekompakan. Dengan saling bersinergi kita pasti bisa melewati masa sulit bersama-sama,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Anas juga memaparkan sederet prestasi yang diraih Banyuwangi dalam 10 tahun terakhir. Yang terbaru, Banyuwangi telah dinobatkan sebagai kabupaten berkinerja terbaik se-Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Mendengar hal tersebut, Ketua Umum BPC HIPMI Banyuwangi Dede Abdul Ghany mengapresiasi prestasi moncer Kabupaten Banyuwangi. Pihaknya melihat, beragam penghargaan tersebut turut menjamin iklim investasi yang aman di Banyuwangi.

“Banyaknya prestasi Banyuwangi membuat kami tambah percaya diri. Kami semakin optimis bisa melewati pandemi ini dan semakin berkembang ke depannya,” kata Dede.

“Semoga iklim investasi yang sudah baik ini bisa tetap terjaga. Tentu kami siap mendukung kemajuan Banyuwangi dari sektor ekonomi,” imbuhnya.

Rakercab HIPMI Banyuwangi ini juga dihadiri Ketua Umum HIPMI Jatim dr. Mufti Anam, serta jajaran Forum Pimpinan Daerah Banyuwangi. (*)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :