Bupati Anas Imbau Sambut Tahun Baru dengan Sedekah dan Doa

Kamis, 27 Desember 2018


BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengimbau kepada seluruh warga untuk melakukan berbagai kegiatan positif dalam menyambut datangnya malam pergantian tahun. Di antaranya dengan memperbanyak sholawat, sedekah, dan doa bersama.

“Saat ini saudara-saudara kita tengah banyak yang sedang berduka karena ditimpa bencana. Sudah seharusnya kita ikut berempati pada mereka dengan meminimalkan segala bentuk kegiatan yang bersifat hura-hura saat pergantian tahun,” kata Anas, Kamis (27/12).

Anas pun mengajak segenap warga Banyuwangi untuk merayakan tahun baru bersama keluarga masing-masing di rumah. Juga mengganti gebyar pesta tahun baru dengan berbagai kegiatan positif yang mampu meningkatkan kualitas pengembangan diri.

“Kita kurangi aktivitas yang beresiko terhadap keselamatan diri. Misalnya konvoi di jalan raya sambil kebut-kebutan, sudahlah itu tidak perlu. Duit bensinnya sedekahkan saja,” ujar Anas.

“Daripada konvoi di jalan raya lebih baik kumpul-kumpul bersama warga sekampung, syukuran bareng saja bakar sate atau bikin nasi goreng lalu dimakan bareng biar tambah rukun. Tapi jangan lupa kita himpun sedekah untuk membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah, atau membantu tetangga kita yang mungkin sedang kesusahan,” imbuh Anas.

Pemkab Banyuwangi sendiri akan menggelar doa bersama yang akan dihadiri para ulama Banyuwangi serta pengasuh Ponpes Al-Qodiri Jember KH Muzakki Syah. Juga akan ada hiburan seni musik hadrah serta didahului dengan santunan anak yatim.

Adapun untuk pengelola wisata pantai di Banyuwangi, Anas meminta agar tidak mengadakan konser musik yang ingar-bingar saat malam pergamtian tahun. Anas ingin wisata pantai Banyuwangi tetap senyap dan terjaga sebagaimana konsep wisata yang diusung oleh daerah.

“Biarlah di Banyuwangi ini kita suguhkan pariwisata sunyi yang lebih dekat dengan alam, yang jauh dari hiruk-pikuk,” cetus Anas.



Berita Terkait

Bagikan Artikel :