Bupati Anas Jadi Narsum dalam Dies Natalis 1 Universitas Dian Nusantara

Senin, 28 September 2020


 

BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didapuk menjadi salah satu narasumber dalam Dies Natalis ke 1 Universitas Dian Nusantara (Undira), Senin (28/9/2020). 
Digelar secara daring, Dies Natalis ini mengambil tema "Indonesia Maju dalam Budaya Baru". 
Bupati Anas berbagi tips dan triknya menghadapi kebiasaan baru pasca  covid 19. 
"Banyak hal baru yang kita temui di masa pandemi ini. Termasuk perjumpaan di webinar menjadi budaya baru di Indonesia Baru," ujar Anas.
Anas menyebut Indonesia baru harus dibangun bersama. Kampus termasuk salah satu lembaga yang strategis yang bisa menjadi salah satu penggerak perubahan tersebut. "Kampus harus berkolaborasi dengan pemerintah. Kampus juga harus punya isu strategis pasca covid, sehingga bisa membuat terobosan-terobosan di tengah berbagai keterbatasan," ujar Anas. 
Banyuwangi pun, imbuh Anas,  awalnya juga punya keterbatasan, sehingga dalam mengatasinya harus dibuat berbagai inovasi. 
"Ketika menghadapi covid, Banyuwangi sangat terbantu dengan instrumen teknologi yang sudah kami miliki jauh sebelumnya. Yakni lewat program smart kampung. Seluruh desa di Banyuwangi telah terkoneksi dengan fiber optik dan layanan yang mereka butuhkan pun bisa langsung diselesaikan di kantor desa tanpa perlu jauh-jauh datang ke kantor kabupaten," urai Anas.
"Yang jelas perlu ada kebijakan baru dalam menghadapi covid ini dan kebijakan tersebut perlu diturunkan ke lapis bawah. Karena itu kami juga selalu melibatkan para pemimpin agama seperti kyai, pendeta, romo untuk meneruskan kebijakan tersebut. Dan ini terbukti efektif," tutur Anas. 

Selain Bupati Anas, virtual meeting ini juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya. Antara lain Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Anggota Komisi X DPR RI, Illiza. 

Sementara itu, Rektor Undira, Profesor Suharyadi mengaku senang bisa sharing dengan beberapa tokoh yang menginspirasi. Dia berharap, ide, inovasi dan berbagai hal positif yang dibuat para tokoh tersebut, akan bisa diserap oleh mahasiswa dan para pengajar di Undira.
"Sebagai rektor saya sangat senang bisa menggelar perayaan Dies Natalis yang ke 1 kampus kami, meski di tengah pandemi dan harus dilakukan secara online. Tapi saya sangat bersyukur, 350 mahasiswa dan civitas akademika kami bisa turut sharing dengan tokoh-tokoh hebat dalam webinar ini," pungkas Suharyadi.



Berita Terkait

Bagikan Artikel :