Bupati Anas Tinjau Kesiapan Arena Porprov 2015

Kamis, 16 April 2015


BANYUWANGI  –  Jelang pelaksanaan pekan olahraga provinsi (Porprov) Juni mendatang, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas terus memantau kesiapan venue pertandingan. Kali ini Bupati mengecek kesiapan arena pertandingan di kawasan gelanggang olah raga (GOR) Tawangalun, Rabu (15/4).

Kawasan Gor Tawangalun terdiri atas beberapa fasilitas olahraga seperti gelanggang atletik, kolam renang, gedung tenis indoor dan outdoor serta gedung olahraga indoor untuk bulu tangkis dan bola voli.

Tiba di lokasi, Bupati Anas langsung mengecek venue gelanggang atletik. Anas mengecek satu persatu ruangan didalam gedung. Terdapat 14 ruangan didalam gedung tersebut. Ruangang tersebut antara lain sebagai ruangan atlet, ruang official, ruang meeting, kantor dan lobby. Semua ruangan nampak bersih dan rapi bercatkan warna putih. Hanya beberapa pintu ruang masih belum terpasang. Anas pun meminta agar semua ruangan untuk atlet dan official dilengkapi air conditioner agar nyaman. Dia juga sempat mengecek kondisi toilet dan fasilitas air bersihnya. Anas juga sempat naik ke atas tribun yang masih dalam proses finishing.

Dari gelanggang atletik , pengecekan berlanjut ke area kolam renang. Lokasi ini akan menjadi venue bagi cabor renang dan selam. Anas pun mengecek kondisi kolam yang masih dalam renovasi. Disitu juga nampak para pekerja yang masih menyelesaikan tribun penonton.   

Bupati Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi terus menyiapkan semua venue sesuai standar Porprov. Secara umum semua venue sudah siap, hanya kurang finishing dibeberapa tempat. “Seperti di gelanggang atletik, kekurangan masih terdapat di tribun penonton dan pavingisasi untuk parkir kendaraan tapi semuanya akan selesai sebelum berlangsungnya porprov,” kata Anas.

Anas juga menambahkan, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan venue pertandingan, setiap venue akan disediakan tenaga khusus  kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). “Kita ingin atlet merasa nyaman di setiap venue,” ujar Anas.

Terkait penginapan bagi para atlet dan officialnya, Anas mengatakan semuanya telah disiapkan. Mereka akan ditampung dihotel-hotel yang tersebar di seluruh Banyuwangi serta rumah kos dengan standar tertentu. Hotel yang digunakan sebanyak 67 buah dan kamar kos sebanyak 713 kamar. “Banyak kos di Banyuwangi yang fasilitasnya lengkap dan memadai. Untuk urusan penginapan semuanya sudah selesai,” kata Anas.

Sementara itu terkait konsumsi untuk peserta Porprov, Bupati mengatakan tidak ditangani langsung oleh Pemkab tapi semuanya diserahkan ke kontingen masing-masing. Ini untuk menghindari terjadinya keterlambatan pasokan makanan maupun ketidaksesuaian makanan. “Kita tidak ingin ada kontingen yang berkompetisi di Muncar tapi makanannya dari Banyuwangi dan akhirnya ada keterlambatan. Makanya sekarang katering yang terdekat dengan kontingen atas rekomendasi dari Koni,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya mengatakan venue pertandingan di kawasan GOR Tawangalun sudah mencapai 70 persen. Untuk fasilitas di gelanggang atletik hanya tinggal penyempurnaan seperti finishing tribun dan pemasangan keramik dibeberapa titik. Sedangkan air bersih sudah tersedia hanya tinggal disambungkan saja.

Begitu juga dengan kolam renang saat ini masih berlangsung pembenahan ruang bilas dan toilet. Serta sedang dikerjakan penyelesaian tribun penonton. “Kita targetkan semuanya selesai pada pertengahan bulan Mei,” kata Mujiono.

Sedangkan arena lapangan tenis indoor dan out door semuanya sudah selesai dan siap digunakan. Begitu juga gedung indoor venue bola voli dan bulu tangkis sudah selesai. “Untuk menambah kenyamanan,  jalan disekitar GOR juga akan dihotmix,” pungkas Mujiono. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :