Dispora Siap Cetak Wirausaha

Jumat, 2 Maret 2012


BANYUWANGI – Pemuda memiliki potensi yang luar biasa untuk memajukan daerah melalui kegiatan wirausaha. Namun tidak semua pemuda memiliki kesempatan untuk mengasah dan memanfaatkan potensi kewirausahaan yang ada dalam dirinya. Untuk itulah, Dinas Pemuda dan Olahraga segera menjalankan program pembekalan wirausaha kepada para pemuda. mulai mendata pemuda yang berpotensi di Kabupaten Banyuwangi untuk diberi bekal kewirausahaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadispora Khairullah menjelaskan langkah awal yang diambil adalah melakukan pendataan sejumlah pemuda yang ada di Banyuwangi. Pendataan tersebut bertujuan agar pemuda yang memiliki potensi bisa memiliki jiwa kewirausahaan yang mantap. “ Jika sudah demikian diharapkan mereka akan produktif, mandiri dan memiliki kehidupan yang sejahtera,” ungkap Khairullah.

Pendataan saat ini masih berjalan  di 24 Kecamatan yang ada di Banyuwangi, dengan sasaran pemuda usia 16 sampai 30 tahun. Dalam proses pendataan sekaligus juga akan digali minat dan bakat mereka. “ Tentunya ketrampilan yang diberikan juga akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu,“ terang Khairullah. Selain itu pemberian bekal wirausaha juga akan diselaraskan dengan potensi daerah tempat tinggal pemuda. Sebab diharapkan setelah mendapat bekal wirausaha, pemuda bisa memberi sumbangsih terhadap kemajuan daerahnya masing-masing.

Program yang dijalankan oleh Dispora tersebut, imbuh Khairullah, sejatinya merupakan program unggulan pemkab dimana Bupati menginginkan munculnya seribu enterpreneur. Para "pengusaha" muda tersebut nantinya diharapkan bisa memajukan perekonomian masyarakat. “Langkah yang dijalankan oleh Dispora ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut,” urainya.

Dalam pelatihan kewirausahaan ini, lanjut dia, akan menggandeng pihak ketiga melalui program CSR perusahan. Sebab jika mengandalkan APBD tidak akan cukup, mengingat potensi jumlah pemuda yang sangat besar di Banyuwangi. “Target kami akan ada 15 ribu pemuda yang bisa mendapatkan bekal wirausaha tahun 2012 ini,” ungkapnya. Selanjutnya ia berharap melalui kegiatan ini kedepan kesejahteraan dan lapangan kerja semakin terbuka sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran di Banyuwangi. (Humas & Protokol)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :