Dua Hari Lagi, Pemkab Luncurkan Program I Love Banyuwangi

Kamis, 24 Januari 2013


BANYUWANGI – Peluncuran program I Love Banyuwangi (Aku Cinta Banyuwangi, Red) tinggal dua hari lagi. Hari Minggu (27/1)  mendatang, Pemkab Banyuwangi bersama seluruh elemen masyarakat akan melaunching bersama kegiatan ini dalam acara Car Free Day di Taman Blambangan.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Organisasi, Mohammad Yanuarto Bramuda, program ini dilaunching sebagai wujud kecintaan masyarakat Banyuwangi terhadap kotanya. “Tentunya wujud cinta tersebut disesuaikan dengan profesi masing-masing. Yang pelajar ditunjukkan dengan giat belajar, yang LSM disesuaikan dengan bidangnya yakni melakukan kontrol bagi pemerintah, yang PNS ya semakin meningkatkan kinerja dan pelayanannya pada masyarakat,”jelas Bram, sapaan akrabnya.

Diluncurkannya  program ini merupakan bukti kepercayaan diri Banyuwangi mulai bangkit. Setelah sukses menggelar Banyuwangi Festival 2012, kini Banyuwangi confident menunjukkan taringnya ke dunia luar. “Kami ingin menumbuhkan kebanggaan warga Banyuwangi terhadap bumi kelahirannya ini,”ujar Bram.

Launching I Love Banyuwangi ini nantinya akan diawali dengan pembagian ribuan kaos dan pin  berlogo I Love Banyuwangi oleh Pemkab Banyuwangi untuk masyarakat, usai mengikuti senam pagi bersama. Setelah itu dilakukan pengucapan ikrar bersama tentang cinta Banyuwangi dari berbagai elemen yang hadir. Ada PNS, TNI/Polri, DPRD, pelajar, pengusaha dan perbankan. Selain itu juga ada budayawan, seniman, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), partai politik, pedagang kaki lima, pengamen jalanan, dan pedagang pasar.

Berikutnya dilanjutkan dengan peresmian logo I Love Banyuwangi di bando besar bertuliskan Taman Blambangan yang berada di bagian sudut ruang terbuka hijau ini.Sejumlah pengendara becak dan kendaraan bermotor nantinya juga dilibatkan dengan diajak untuk tertib berlalu lintas. Kendaraan mereka akan ditempeli stiker berlogo I Love Banyuwangi. Tidak itu saja. Semua yang hadir juga diajak menanam bersama pohon ayoman dan buah-buahan di tepi Taman Blambangan. Khusus penanaman pepohonan ini, jelas Bram, selain ke depan diharapkan menjadi tanaman pelindung dari panas, warga Banyuwangi juga nantinya ketika bersantai atau berolahraga di Taman Blambangan beberapa tahun mendatang bisa menikmati buah-buahan yang mereka tanam sendiri tersebut.Kegiatan yang nantinya juga diramaikan dengan pentas musik anak jalanan itu akan diakhiri dengan bersih-bersih di areal Pasar Blambangan.

Namun Bram memastikan, kegiatan ini tak hanya berakhir disitu. “Pasca launching ini, gerakan I Love Banyuwangi akan dilanjutkan di 24 kecamatan yang ada di Banyuwangi rutin sebulan sekali dengan pola bergilir dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya. Nantinya akan diawali dengan kegiatan jalan sehat mlebu kampung dengan menggunakan kaos I Love Banyuwangi. Setelahnya barulah disambung dengan kegiatan lain seperti penanaman pohon, pemasangan stiker I Love Banyuwangi di kendaraan dan rumah warga, ataupun pemberian santunan pada rmah tangga kurang mampu sambil mensosialisasikan gerakan kebersihan atau pelunasan pajak. “Intinya, dilaunchingnya kegiatan ini adalah untuk menunjukkan action masyarakat secara langsung. Semua elemen tanggap pada apa yang terjadi di Banyuwangi, dan apa yang dibutuhkan untuk memajukan Kota Gandrung ini,” ujar Bram mengakhiri. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :