Gelar Pasukan Natal dan Tahun Baru, Bupati Ipuk Minta Tetap Waspada Covid-19

Kamis, 23 Desember 2021


BANYUWANGI - Banyuwangi menggelar apel pasukan operasi lilin pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2022, dipimpin langsung oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, di Pelabuhan ASDP Ketapang, Kamis (24/12/2021). Apel tersebut diikuti sebanyak 1.700 personil  gabungan yang disiapkan untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2022.


Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ipuk mengecek kesiapan personil yang terdiri dari Polisi, TNI, Dinas Perhubungan dan petugas ASDP, untuk memastikan perayaan Nataru berjalan dengan aman dan lancar. 


"Tahun ini, pemerintah sedikit melonggarkan untuk perayaan Natal dan Tahun Baru. Kita tetap harus waspada, agar tidak ada penularan atau klaster baru Covid-19," kata Bupati Ipuk usai apel pasukan.

 

Selama libur Nataru, kata Ipuk, destinasi wisata diperbolehkan untuk beroperasi. Dengan catatan tetap harus mengedepankan protokol kesehatan.


"Harus ada pembatasan pengunjung, juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Prokes juga harus diperketat," tegasnya.


Sementara untuk perayaan malam Tahun Baru sendiri, Ipuk menegaskan, tidak boleh ada kegiatan atau event yang dapat mengundang kerumunan massa. 


"Tidak boleh ada event yang sifatnya pesta, termasuk kembang api maupun kegiatan yang mengundang kerumunan," tegasnya.


Sementara Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, terdapat 25 pos pengamanan yang disiagakan selama Natal dan Tahun Baru.


Salah satunya ialah pos pengamanan di Pelabuhan ASDP Ketapang. Sesuai aturan yang ada, bagi masyarakat yang hendak menyebrang ke Bali harus melampirkan surat keterangan sudah divaksin COVID-19 dosis kedua.


"Bagi yang belum kita sediakan pelayanan vaksinasi. Jadi bisa langsung vaksin di tempat," tegasnya.


Tak hanya itu, tim gabungan juga akan melakukan patroli untuk memastikan tidak ada kerumunan masa saat malam Tahun Baru. 


"Titik-titik rawan seperti alun-alun, mal, dan tempat lainnya akan kita pantau agar tidak ada kerumunan. Termasuk jajaran di wilayah kita siap siagakan untuk menggelar operasi saat malam Tahun Baru," tutupnya.


Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Kav Eko Julianto Ramadan menambahkan,  juga mengerahkan Babinsa di beberapa lokasi destinasi wisata dan keramaian. Ini dilakukan untuk memecah kerumunan agar terhindar COVID-19. 


"Kami juga kerahkan Babinsa untuk membantu polisi dalam pengamanan Nataru tahun ini," tambahnya. 


Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Anshori juga menyiapkan dua kapal milik TNI AL dalam mendukung operasi Lilin Semeru 2021. 


"Ada Kapal AL Tabuhan dan Kapal AL Rajegwesi yang kita siapkan untuk pengamanan laut. Juga nanti ada kapal dari Basarnas dan stakeholder pelayaran Banyuwangi dalam upaya menjaga Selat Bali," pungkasnya. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :