Hari ini, Bupati Anas Lantik 780 Pejabat OPD Baru

Jumat, 30 Desember 2016


BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik 780 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Pelantikan ini digelar di Taman Blambangan, Jum’at (30/12).

“Pelantikan ini kami lakukan menyusul pemberlakuan Peraturan Daerah tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang disyahkan pada 19 Agustus 2016. Sengaja kami lantik di lapangan, karena kami ingin pejabat di OPD yang baru ini lebih tangguh dan mau bekerja lebih keras lagi. Karena tantangan ke depan semakin berat,” kata Anas.

Dari nama yang dibacakan, pejabat pimpinan tinggi pratama yang setara dengan eselon II, menduduki posisi barunya seiring dengan terbentuknya SKPD baru. Sebut saja Ikhrori Hudanto yang dulu menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, dan perkebunan kini menduduki Kepala Dinas Permukiman dan Kawasan Permukiman. Begitu halnya dengan Arief Setiawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), kini Arief menggantikan posisi Ikrori Hudanto sebagai Kepala Dinas Pertanian.

Posisi lukir dialami Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang sebelumnya dijabat Iskadar Aziz, kini ditempati Djafri Yusuf yang semula Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik.

Pudjo Hartanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Kadisperiklut), bergeser menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan. Sementara Dinas Perikanan dan Pangan dikomandani Ir Hary Cahyo P, yang sebelumnya menduduki posisi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Dipsperindagtam).

Pergeseran jabatan juga dialami Ketut Nirha Kencana. Dari Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Ketut saat ini menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Selain itu, ada Peni Handayani, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi, bergeser menjadi Kepala Dinas Sosial. Posisi Peni sendiri, ditempati Suprayogi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan, Kominikasi dan Informatika (Diskominfo).

Khusus pimpinan tinggi pratama, ada empat pejabat yang promosi menduduki posisi kepala dinas. Di antaranya, dr Widji Lestariono sebagai Kepala Dinas Kesehatan, Wawan Yadmadi sebagai kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, dan  Husnul Chotimah sebagai kepala Dinas Lingkungan Hidup. Mereka ini sebelumnya sebagai pelaksana tugas (Plt.) pada dinas yang saat ini didudukinya. Selain ketiga itu, dalam pelantikan tersebut, juga mengangkat Samsudin sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Mutasi ini bagian dari tour of duty (pergiliran tugas, red) bagi yang sudah lama di tempat yang lama perlu tour di tempat lain. Dengan ditempat baru ini bisa menambah kapasitas dan pengalamannya. Saya hanya berharap dimanapun tempatnya prestasinya bisa ditingkatkan, kinerjanya terus dibangkitkan sehingga bisa terus berprestasi,” kata Bupati Anas, usai melantik para pejabat ini.

Disamping itu, lanjut Bupati Anas, mutasi ini untuk menguatkan pengalaman personel di tempat-tempat lain, dengan harapan kedepan lebih komprehensif dalam menghadapi masalah yang muncul.

Anas menambahkan, masih terdapat 98 posisi yang kosong. Ini strategi baru yang dijalankan Pemkab Banyuwangi untuk menghadapi tantangan di 2017. “Dulu pernah semua posisi jabatan kita penuhi, namun saat akan melakukan penyegaran sulit, karena semua posisi telah terkunci. Kali ini sengaja kita kosongkan beberapa posisi untuk memudahkan kita dalam mengatur susunan birokrasi. Misalnya suatu saat ada pejabat hebat kita tinggal masukkan,” ujar Anas.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Sih Wahyudi merinci pejabat yang dilantik terdapat 28 pejabat pimpinan tinggi pratamal, 183 administrator dan 569 pengawas.(Humas)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :