Jadi Tuan Rumah Pra Kualifikasi POPDA, Banyuwangi Targetkan Masuk 5 Besar Jatim

Selasa, 19 Juli 2016


<span 1.6em;"="">BANYUWANGI – Banyuwangi ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah pra kualifikasi Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Jawa Timur tahun 2016 untuk tiga cabang olah raga, yakni sepak bola, bola voly dan bola basket. Pra kualifikasi ini akan dilaksanakan selama dua hari, tepatnya 20-21 Juli besok.

POPDA merupakan program pemerintah yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Program ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat para pelajar yang memiliki keahlian di bidang olahraga. Sesuai dengan namanya, peserta POPDA adalah pelajar, mulai tingkat SD hingga SMA.

Tahun ini, POPDA akan di gelar di Kabupaten Jember pada 1- 6 November mendatang dengan mempertandingkan 14 cabang olah raga.  Meliputi atletik, bulu tangkis, bola basket, bola voli, gulat, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, dan tenis meja.

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) Banyuwangi, Wawan Yadmadi, menyatakan sangat gembira Banyuwangi ditunjuk sebagai tuan rumah pra kualifikasi untuk wilayah Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (BAKORWIL) III Malang.

“Selama dua hari ke depan, 11 kabupaten/kota akan berebut tiket menuju final. Diantaranya, Kabupaten Situbondo, Malang, Pasuruan dan Lumajang. Selain itu juga ada Kota Batu, Malang dan Probolinggo,” kata Wawan.

Di Banyuwangi, lanjut dia, pra kualifikasi hanya dilakukan untuk tiga cabor. Bola voly, bola basket dan sepak bola. Dimana kualifikasi masing-masing cabor akan disebar di tiga tempat yang berbeda namun tetap di pusat kota Banyuwangi.

“Untuk sepak bola di Stadion Diponegoro, bola voly di GOR Tawang Alun, dan bola basket di GOR Sahabat. Semuanya dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai selama dua hari, Rabu-Kamis (20-21/7),” terang Wawan.

Wawan menambahkan, dari pra kualifikasi hanya dipilih 3 kabupaten/ kota terbaik yang selanjutnya akan maju di babak final saat POPDA berlangsung November nanti.

Menurut Wawan, Banyuwangi sendiri telah menyiapkan atlet-atlet terbaiknya untuk berlaga dalam ajang dua tahunan ini. Ada tiga cabor yang akan diikuti, sepak bola; bola voli putra /putri; dan basket putra/putri.

“Dari tiga cabor tersebut, bola voly menjadi andalan Banyuwangi. Targetnya tahun ini bisa masuk lima besar Jawa Timur. Mudah-mudahan terwujud, mengingat tim ini telah berhasil memenangi kejuaraan bola voli junior se Jatim bulan Mei lalu, ” pungkas Wawan. (Humas).

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :