Jawa Pos Audax 2014 Akan Finish di Banyuwangi

Minggu, 8 Juni 2014


Banyuwangi mendapatkan kehormatan menjadi tempat finish pelaksanaan even olah raga sepeda Jawa Pos Audax 2014 yang akan berlangsung 20-21 September mendatang. Hal ini terungkap setelah 20 cyclist dari Jawa Pos Cycling bertandang ke Pendopo Shaba Swagata, Minggu (8/7) usai melakukan simulasi rute Surabaya-Banyuwangi sejauh 333 KM.

Ketua ISSI Banyuwangi sekaligus salah satu road captain Jawa Pos Audax 2014 Guntur Priambodo mengatakan, Banyuwangi akan menjadi tempat finish sekaligus pemberian award kepada para peserta. Sebelumnya banyak daerah lain yang mengajukan diri menjadi tempat finish Jawa Pos Audax 2014 seperti Kota Malang dan Batu. "Namun pilihan jatuh ke Banyuwang. Dengan jumlah peserta yang banyak yakni 300 orang, ini sekaligus menjadi promosi wisata Banyuwangi. Juga ada peserta dari luar negeri, sampai sekarang sudah 7 negara yang mendaftar diantaranya Singapura,Malaysia, Australia,"ungkapnya.

Guntur menambahkan, Jawa Pos Audax adalah sebuah even olahraga sepeda yang bukan ditujukan untuk kompetisi namun sebagai wadah penghobi olah raga sepeda untuk menyalurkan minatnya sekaligus menakar ketahan tubuh. Sebab rute yang dilalui cukup panjang yakni Surabaya-Banyuwangi sejauh 333 KM selama dua hari. "Simulasi ini dilakukan untuk mengecek kesiapan rute,dan melihat tantangan apa saja yang akan dihadapi" kata Guntur.

Simulasi dimulai sejak kemarin Sabtu (7/7) dengan rute Surabaya-Jember sejauh 230 KM dan hari ini Minggu (8/7) dengan rute Jember - Banyuwangi sejauh 103 KM. " Kemarin kita start di depan Gedung Grahadi Surabaya jam 6 pagi sampai jember 16.05. Tadi dari Jember jam 9 pagi sampai sini sekitar jam 13.45. Karena ini bukan kompetisi jadi kecepatan kita sudah ditentukan dan stabil selama perjalanan. Yang ikut simulasi dari Surabaya Road Bike Community (SRBC)dan Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC)," urainya.

Sementara itu Bupati Abdullah menyambut baik pelaksanaan Jawa Pos Audax 2014. Apalagi Banyuwangi didaulat sebagai tempat pelaksanaan awarding bagi para peserta. "'Kami berterima kasih atas kesempatan ini. Olahraga sepeda memang menjadi salah satu olah raga spesial bagi Banyuwangi. Kami punya Internasional Tour De Ijen yang telah menjadi even tahunan dan masuk agenda UCI. Kami juga akan menggelar executive race keliling kota Banyuwangi. Kalau Tour De Ijen diikuti profesional yang ini untuk penghobi dan amatir. Ini upaya kami untuk terus mendorong agar olah raga sepeda menjadi gaya hidup yang sehat terutama bagi anak muda, " kata Bupati. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :