Kabupaten Siak Belajar ke Banyuwangi

Selasa, 23 Februari 2016


Timba Ilmu Cara Pemkab Kelola APBD Sehingga Mampu Ciptakan Berbagai Event

BANYUWANGI – Strategi Pemkab Banyuwangi dalam mengelola APBD sehingga dapat menciptakan berbagai event dalam Banyuwangi Festival, mengundang ketertarikan Kabupaten Siak, Provinsi Riau untuk belajar. Selasa siang (23/2), rombongan Pemkab Siak berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi khusus untuk menimba ilmu tentang itu.

“Kedatangan kami hendak belajar bagaimana strategi manajemen APBD Pemkab Banyuwangi sehingga dapat menciptakan event-event Banyuwangi Festival yang digelar tiap tahunnya. Kami dengar event yang dibuat Pemkab Banyuwangi mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi yang sekaligus mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak, Hendrisan yang didhapuk sebagai ketua rombongan.

Saat diterima Plt. Kadisbudpar Banyuwangi, M.Y. Bramuda, rombongan Kabupaten Siak ini disuguhi paparan tentang sistem koordinasi SKPD dalam mengelola event. Juga manajemen anggaran di tiap SKPD sehingga penggunaan APBD benar-benar efisien dan tepat sasaran.

“Manajemen anggaran kita harus efisien dan tepat sasaran. Sehingga mampu menciptakan berbagai event yang dikemas dalam Banyuwangi Festival. Event yang kami gelar tiap tahun ini selain meningkatkan kunjungan wisata juga memberikan dampak langsung bagi masyarakat. Perkonomian mereka bisa tumbuh, salah satunya lewat berkembangnya berbagai UMKM lokal,” beber Bramuda.

“Wah...kalau begitu nggak salah kami memutuskan untuk belajar ini ke Banyuwangi. Sistem koordinasinya sudah bagus. Kami akan coba adopsi hal-hal baru yang bagus untuk diterapkan di tempat kami,” pungkas Hendrisan. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :