Mengawali Festival Layang-Layang, Pemkab Banyuwangi Ajak Warga Bersihkan Pantai Boom

Jumat, 5 Agustus 2016


BANYUWANGI – Mengawali Kite Festival, warga Banyuwangi melakukan rijig-rijig (bersih-bersih) bersama di Pantai Boom, Jumat (5/8). Pantai Boom yang lokasinya dekat kota Banyuwangi ini merupakan venue festival layang-layang.

Dikatakan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi kegiatan bersih-bersih pantai ini sebagai ajakan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Terutama kebersihan suatu lokasi wisata akan menjadi prioritas. Mengingat, lanjut dia, destinasi wisata selalu menjadi jujugan para turis yang berkunjung.  

“Kebersihan tempat wisata turut berperan menciptakan image suatu kota. Kalau lokasi wisatanya kotor, maka wisatawannya akan timbul persepsi kalau Banyuwangi kotor. Untuk itu kami kerap mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan wisata, termasuk Pantai Boom yang menjadi salah satu obyek wisata,” ujar Wawan. 

Pada acara rijig-rijig Pantai Boom, ribuan warga Banyuwangi mulai pelajar hingga orang dewasa berkumpul dan bekerja bakti bersama membersihkan sampah di sepanjang Pantai Boom. Secara mandiri dan berkelompok, mereka tampak bersemangat memungut setiap sampah yang ada di sekitarnya. Menyebar di sepanjang pantai, mereka memungut sampah sambil sesekali terlihat saling bercanda. Tak sedikit juga siswa yang melakukannya sambil berlari kejar-kejaran dan bergurau riang.

Festival layang-layang yang digelar kali kedua ini merupakan salah satu rangkaian dari 53 event Banyuwangi Festival 2016. Festival ini telah dimulai hari Jumat (5/8) hingga Minggu (7/8). Ratusan layangan akan diterbangkan oleh 400 peserta penggemar mainan layang-layang ini di pinggir Pantai Boom.

“Pada Jumat siang akan diawali lomba layangan bandetan dan suwangan. Lalu Sabtu tanggal 6   akan dilombakan layangan buntutan, dan layangan hias, dan ditutup pada Minggu malam yang menampilkan final lomba bandetan dan suwangan. (Humas)

 

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :