Pemkab Launching Festival Banyuwangi Goes to Entrepreneur 2017

Senin, 3 April 2017


BANYUWANGI  - Pemkab Banyuwangi melaunching Festival Banyuwangi Goes to Entrepreneur 2017, Senin (3/4),  di Aula Mahkota Plengkung Banyuwangi. Sebanyak 180 peserta  terlihat mengikuti acara tersebut dengan antusias. Mereka berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Banyuwangi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi mengatakan festival ini bertujuan  untuk meningkatkan kualitas  sumber daya manusia (SDM) sebagai penunjang pariwisata  sekaligus mencetak wirausahawan (entrepreneur) baru yang kreatif. “Tujuan pelatihan ini untuk mencetak pemuda yang kreatif. Mereka adalah aset kita di kawasan-kawasan yang menjadi penunjang destinasi wisata,” kata Wawan.

Usai dilaunching hari ini, imbuh Wawan, peserta secara terjadwal  akan mengikuti pelatihan selama lima hari. Pelatihan akan dilaksanakan secara bertahap di beberapa lokasi yang berbeda. Mayoritas lokasi yang dipilih adalah yang terletak  di destinasi wisata. “Seluruh peserta  akan diberikan pelatihan skill yang berbeda. Tema pelatihan diantaranya sablon, anyaman bambu dan aneka kerajinan,” ujar Wawan.

Pelatihan tersebut  dibina langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi dengan peserta yang merupakan para pemuda yang telah ditunjuk dari 17 lokasi yang berbeda. 

Desa/ kelurahan yang mendapatkan pelatihan dengan tema  aneka kerajinan, antara lain  di Desa Kampunganyar - Banyuwangi ( Pulau Santen ), dan 2 desa yang terdapat di Kecamatan Glagah, yakni Desa Kampung Anyar  ( air terjun Jagir ), dan Desa Adat  Kemiren. Pelatihan dilaksanakan mulai 3 - 7 April 2017.  Sementara untuk kawasan Rogojampi , Cluring ( Desa Sarimulyo  dan Plampang Rejo), dan  Desa Kedungringin - Muncar tanggal 10 - 15 April 2017. 

Untuk  anyaman bambu, pelatihan  dilakukan di Desa Rejosari - Glagah  3 - 7 April 2017, Desa Aliyan - Rogojampi pada 6 - 10 April 2017, Desa Padang - Singojuruh 9 -13 April 2017, Desa Tampo - Cluring tanggal 12 -17 April 2017, dan Desa Watukebo - Blimbingsari  15 - 19 April 2017.

Sementara pelatihan sablon digelar di Desa  Patoman dan Desa  Blimbingsari. Keduanya ada di Kecamatan Blimbingsari.  Desa Glagah Agung dan Desa Buluharjo  di Kecamatan Purwoharjo, dan Desa Pengantigan - Banyuwangi. Pelaksanaannya pada  10 - 15 April 2017. (Humas)

   

 

   

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :