Pemkab Tanah Bumbu Belajar Tata Kelola Daerah ke Banyuwangi

Jumat, 6 Desember 2019


Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten  Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi, Jumat (6/12/2019). Dipimpin Wakil Bupati Tanah Bumbu, Ready Kambo, rombongan yang terdiri atas 60 orang ini ditemui Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko di aula Rempeg Jogopati.

Wabup Ready mengatakan pada kunjungan ini dia membawa seluruh Kepala SKPD, dan staf terkait untuk belajar berbagai hal dari Kabupaten Banyuwangi. Seperti tata kelola pemerintahan, pariwisata hingga pemanfaatan teknologi di pemerintahan.

“Kami melihat Banyuwangi sudah lebih maju untuk hal ini, maka kami datang kesini untuk melihat langsung bagaimana Banyuwangi mengelola berbagai hal tersebut, untuk kami pelajari,” kata Ready.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Rooswandi Salem, terkait pariwisata, Tanah Bumbu memiliki kondisi geografis yang hampir sama dengan Banyuwangi. Jika garis pantai Banyuwangi 170 Km, di Tanah Bumbu panjangnya 150 KM.

“Namun pariwisata pantai di daerah kami belum terkelola dengan baik, makanya kami ingi belajar lebih lanjut agar potensi wisata kami juga bisa dimaksimalkan seperti Banyuwangi,” kata Rooswandi.

Terkait pemanfaatan teknologi, Rooswandi mengatakan jika sudah sempat melihat berbagai program inovasi dan administrasi daerah yang memanfaatkan teknologi di Lounge Pelayanan Publik daerah. Menurutnya apa yang dilakukan Banyuwangi juga akan ditiru di Tanah Bumbu.

“Banyak sekali inovasi yang sudah dijalankan disini, penerapan teknologi sudah dilakukan di hampir semua pengelolaan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menyambut baik kunjungan tersebut. “Silahkan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari Banyuwangi. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Kota Tanah Bumbu,” kata Yusuf .

Untuk penerapan teknologi, Banyuwangi memang sudah menerapkannya di semua program pengelolaan daerah. Mulai dari e-planing, e-budgeting, e-village budgeting, hingga e-monitoring. “Semuanya bisa diakses melalui website Pemda Banyuwangi,” kata Wabup (*)  

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :