Persewangi VS Timnas U 19 Digeber di Stadion Diponegoro 3 Maret

Kamis, 27 Februari 2014


BANYUWANGI –   Laga persahabatan antara tim sepakbola Persewangi dan Timnas U19 akan digeber di Stadion Diponegoro pada Senin, 3 Maret besok.  Pertandingan yang menjadi bagian dari tur Nusantara Timnas U 19 ini akan menjadi laga terakhir yang digelar di Pulau Jawa oleh  tim yang digawangi oleh Evan Dimas dkk ini.

Ketua Panitia pertandingan Persewangi vs Timnas U 19, Setio Utomo mengatakan rombongan Timnas  U 19 akan datang pada Minggu, 2 maret bersama timnya sebanyak 40 orang. Mereka  terdiri atas sekjen badan tim nasional (BTN) Syaifuddin Alamsyah, head coach Indra Sjafrie, 3 pelatih, dokter Timnas, official dan para pemain Timnas U 19 seperti Putu Gede, Reza Pahlevi, Yabes Roni, Evan Dimas, dkk. “Formasi pemain yang datang sama dengan formasi ketika terakhir menghadapi Persebaya U-21,” ujar Setio.

Begitu tiba di Bandara Blimbingsari, Timnas U-19 akan langsung melakukan konvoi menuju tempat penginapan. Usai makan siang akan digelar jumpa pers yang diikuti oleh kapten kesebelasan beserta pelatih. “Malam harinya akan Timnas U-19 akan mengikuti  jamuan makan malam bersama Bupati,” tutur Setio.

Sebelum memulai pertandingan pada Senin sore (3/3), pagi harinya Timnas akan menjajal lapangan di Stadion Diponegoro untuk pemanasan. Setelah itu beberapa perwakilan pemain akan menjalani sesi jumpa fans di SMPN 1 Banyuwangi. “Akan ada 5 pemain Timnas  U-19 dan pelatih yang ikut sesi ini, tapi kita belum tahu siapa saja,” kata Setio.

Untuk menghadapi Timnas U-19, Persewangi akan menerjunkan tim U-21. Meskipun hanya laga persahabatan, tim sepakbola dibawah asuhan Bagong Iswahyudi dan Ribut Santoso ini berlatih serius  untuk menghadapi laga ini. “Sudah satu bulan lebih tim Persewangi melakukan latihan di  Lapangan Kalibendo.  Agar fokus, mereka ditempatkan di Mess PDAM di Jalan Gadjah Mada selama menjalani pelatihan,” ucap Kabid Bidang Keolahragaan di Dinas Pemuda dan Olah raga itu.

Sementara itu untuk kesiapan stadion Dipenogoro, Setio mengaku sudah mencapai 80 persen. Meskipun saat ini stadion kebanggaan masyarakat Banyuwangi masih dalam proses renovasi, namun kondisi lapangan sudah siap dipakai untuk pertandingan dan beberapa fasilitas yang dibutuhkan untuk menjamu para pemain dan official telah dipenuhi.  Bahkan ukuran gawang yang sebelumnya sudah sesuai standart internasional telah diubah sesuai petunjuk Badan Tim Nasional (BTN). “Tadinya gawang berukuran 110cm x 75 cm, sesuai petunjuk BTN dirubah jadi 105 cm x 75 cm,” ungkap Setio.

Tidak hanya itu fasilitas ruang ganti  pemain  juga telah dilengkapi dengan prasarana yang diminta seperti karpet dan air conditioner.  Tribun untuk penonton juga telah siap digunakan. Untuk mengantisipasi penonton yang tidak kebagian tempat di tribun,maka penonton akan digiring ke sisi bawah tribun. “Kami perkirakan penonton akan membludak, tapi kami sudah merencanakan  beberapa lagkah antisipasi,”cetusnya.

Untuk tiket, Setio mengatakan ada beberapa harga yang bisa dipilih oleh penonton. Khusus untuk Laros Mania tiket dijual Rp. 25.000, sedangkan masyarakat umum bisa memilih tiket mulai Rp.50 ribu, Rp. 100 ribu dan Rp. 150 ribu. Namun dimana tiket dibeli , Setio belum bisa mengatakan dengan lugas, karena masih menunggu keputusan bersama antara Persewangi dan panitia penyelenggara. “Tiket box akan dibuka 2 hari menjelang hari H, ditunggu saja kabar berikutnya, kalau rencana awal tiket akan dijual lewat  radio-radio di Banyuwangi,” akunya.

Terpilihnya Persewangi menjadi lawan Timnas U-19 merupakan hasil penunjukan langsung oleh pihak PSSI pusat. Menurut Setio ini adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi Banyuwangi karena tidak semua tim sepak bola daerah mendapat kesempatan yang sama. “Ini kesempatan untuk mengasah kemampuan tim Persewangi U-21 sekaligus sebagai bukti bahwa Persewangi memiliki nama baik di tingkat Nasional,” tandasnya.

Sekedar informasi,  tim sepak bola nasional usia di bawah 19 tahun sudah menjalani delapan pertandingan dengan meraih lima kemenangan dan tiga hasil seri. Tim asuhan Indra Sjafri ini masih akan tampil dalam tujuh uji coba lagi dalam rangkaian Tur Nusantara sebagai persiapan untuk tampil dalam Piala Asia U-19 pertengahan tahun ini. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :