Porseni SD/MI 2016 Resmi Dibuka Wabup Yusuf Widyatmoko

Rabu, 1 Juni 2016


Porseni SD/MI 2016 Resmi Dibuka Wabup Yusuf Widyatmoko

BANYUWANGI – Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) SD/MI Kabupaten Banyuwangi, yang akan berlangsung 1 – 3 Juni 2016, resmi dibuka Wabup Yusuf Widyatmoko, di Taman Blambangan Rabu (1/6). Pekan seni pelajar merupakan even dua tahunan yang digelar oleh pemerintah daerah guna memberikan kesempatan bagi para pelajar tingkat SD untuk mengeksplorasi bakat olah raga dan seni.

Pembukaan Porseni tahun 2016 ini berlngsung cukup marak dan khidmat. Ditandai dengan upacara yang diikuti seluruh peserta Porseni. Ada 2.083 peserta cabang olah raga dan  1.426 peserta dari bidang kesenian. Ada 11 cabor yang dilombakan dalam porseni kali ini. Cabor tersebut, antara lain, atletik, bulu tangkis, pencak silat, renang, tenis meja, tenis lapangan, bola volley mini, catur, senam dan sepak takraw.

Sedangkan dari bidang kesenian ada 6, seni yang dilombakan. Yakni, penampilan defile/kontingen, olah musik tradisional, paduan suara, kreasi tari, seni mematung dan teater.

Sebelum dibuka secara resmi, masing-masing devile memperkenalkan kontingennya dengan berjalan kaki mengitari undangan upacara menuju ke lapangan.Lalu ada tarian kolosal “Rampak Buto" yang ditarikan 160 anak –anak sekolah dasar ini.

Dikatakan Wabup Yusuf, porseni ini juga bisa sebagai ajang adu kreativitas di bidang olah raga dan seni. Anak-anak tak hanya mampu berjaya di sekolah dan lingkunganya namun perlu diasah kemampuannnya dengan siswa yang lain.

“Melalui Porseni ini kami berharap akan melahirkan bibit generasi-genarasi hebat dari berbagai cabor. Selamat berlomba dan berprestasi anak-anakku,” ujar Wabup, saat membuka porseni 2016.

Selain itu, lanjut Wabup Yusuf, porseni ini merupakan event yang cukup bagus sebagai upaya peningkatan prestasi siswa siswi dibidang seni dan olah raga. “Gemarlah berolah raga, dengan olah raga tubuh kalian akan sehat baik jasamani dan rohani. Gemarlah berkesenian, dengan berkesenian, hidup kalian akan lebih indah dan santun,” ujar Wabup.  

Sementara itu Plt Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, menambahkan, peserta Porseni 2016 ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 1.800 peserta. Ini semua berkat kerja keras pemerintah yang terus mendorong siswanya melalui guru olah raga untuk bersemangat mencapai prestasi yang bagus.

Target dari event dua tahunan ini adalah, para peserta bisa lolos masuk Porseni tingkat provinsi yang akan digelar di Surabaya tahun depan. Di Porseni Jawa Timur, Banyuwangi berhasil menorehkan hasil positif dalam ajang Pekan Seni Pelajar Provinsi Jawa Timur ke VII pada 2015. Banyuwangi menyudahi even dua tahunan ini dengan mengemas poin 70 dan nangkring di urutan II dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur. “Untuk tahun ini paling tidak kita bisa mempertahankan. Untuk Banyuwangi cabor yang menjadi andalan adalah panahan dan silat,”pungkasnya. (Humas)   



Berita Terkait

Bagikan Artikel :