Saksikan Banyuwangi Ethno Carnival, Menparekraf: Acuan bagi Daerah Penyelenggara Event Nusantara

Sabtu, 13 Juli 2024


BANYUWANGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyaksikan  langsung pagelaran parade kolosal Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024, Sabtu (13/7/2024). Sandiaga menyebut BEC sebagai contoh event bagi daerah-daerah penyelenggara kalender pariwisata Kharisma Event Nusantara (KEN).

"Saya melihat event ini bisa jadi acuan bagi penyelenggaraan Karisma Event Nusantara (KEN) di beberapa daerah lainnya," kata Sandiaga.

Sejak 2022, BEC dan event Banyuwangi lainnya Gandrung Sewu, menjadi festival yang masuk dalam kalender pariwisata KEN. Dalam acara tersebut, Sandiaga juga menyerahkan sertifikat KEN kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. "Saya ucapkan selamat, karena festival ini masuk festival terbaik nusantara," kata Sandiaga.

BEC tahun ini mengangkat tema Ndaru Deso Revival of Village yang menampilkan berbagai keunikan dan potensi desa-desa di Banyuwangi. Sandiaga mengapresiasi Banyuwangi yang mengangkat tema tersebut karena memiliki semangat pemerataan pembangunan. "Indonesia dibangun bukan dari pusat, tapi dari desa-desa di nusantara," kata Sandiaga. 

Selain Sandiaga, BEC juga dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menpan RB Abdullah Azwar Anas.

"Saya sangat mengapresiasi event BEC ini. Ini adalah inovasi dan kreativitas Banyuwangi yang tidak ada duanya,' kata Menteri Basuki.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, parade BEC mampu menyedot ribuan penonton. Mereka terpukau dengan penampilan para talent yang berjalan di "catwalk" sepanjang 2,5 kilometer.

Sepanjang rute tersebut, masyarakat tampak antusias menyaksikan parade. Mereka memadati rute sejak awal hingga akhir pagelaran. 

Bupati Ipuk menyampaikan terima kepada pemerintah pusat yang terus mendukung Banyuwangi.

"Kami berterima kasih pemerintah terus mendukung  Banyuwangi. Juga untuk semua bentuk dukungan pemerintah pusat pada Banyuwangi. Dukungan ini semakin mempercepat proses pembangunan dan kemajuan daerah," kata Bupati Ipuk.

"Terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh masyarakat Banyuwangi, khususnya pada mereka yang terlibat dalam menyukseskan acara ini," tambah Ipuk. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :