Sawah Mangaran, Spot Foto Sawah yang Instagramable di Banyuwangi

Jumat, 22 Januari 2021


Banyuwangi - Generasi milenial memang dikenal kreatif. Mereka mampu melihat potensi tempat yang indah untuk dijadikan spot foto instagenic. Tempat yang awalnya “ndeso” bisa melejit dan menjadi destinasi yang didatangi wisatawan.

Dukuh Mangaran di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo berjarak 40 menit berkendara dari pusat kota Banyuwangi. Memasuki desa ini, disuguhi hamparan sawah luas nan hijau. pemandangan sawah berlatar belakang Gunung Baluran mendadak menjadi spot foto bagi para milenial. 

Hamparan sawah seluas 75 hektar ini adalah milik dua kelompok tani. Saelan, salah satu pemilik sawah mengatakan dirinya merasa surprise saat sawahnya mendadak dikunjungi banyak anak muda selama satu bulan terakhir.

"Dari depan jalan utama, banyak sekali yang nanya mana sawah-sawah yang ada gubug kayunya. Hampir setiap hari ada saja yang nanya," ujarnya. 

Salah satu yang ikonik dari spot ini adalah gubug kayu yang berada di tengah hamparan sawah. 

"Ini sebenarnya adalah tempat persinggahan petani kalau sedang istirahat, mau solat, atau makan. Tapi sekarang gubug itu ramai dicari untuk dijadikan latar belakang foto," ujarnya sumringah.

Saat ini, kata Saelan, sudah mulai ada permintaan dari sejumlah orang untuk melakukan sesi foto prewedding di lokasi tersebut.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi kawasan tersebut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, Jumat (22/1/2021).

"Semoga ini menambah manfaat bagi petani. Ini menunjukkan bahwa pariwisata bisa dibangun tanpa kita harus merusak alam. Keasrian alam adalah modal pariwisata Banyuwangi," kata Anas. (*)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :