Sejumlah Pemuda Asal Banyuwangi Terima Penghargaan dalam Peringatan Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2013


BANYUWANGI – Sejumlah pemuda menerima piagam penghargaan dari Pemkab Banyuwangi, Senin (28/10), atas prestasinya yang membanggakan Kabupaten Banyuwangi. Piagam penghargaan itu diserahkan Bupati Abdullah Azwar Anas dalam upacara peringatan  Sumpah Pemuda, Senin (28/10), di Taman Blambangan.

Pemuda berprestasi tersebut antara lain Riedho Andy Kurniawan, Dani Setiawan dan Cucuk Rustandi. Riedho Andy Kurniawan, siswa kelas XII SMKN 1 Banyuwangi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ini mendapatkan penghargaan kategori SLTA atas  karya tulis ilmiah yang dibuatnya dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat Kabupaten Banyuwangi.  ‘Aplikasi Pemuda Online Banyuwangi (POB)’ adalah judul karya tulis ilmiah yang mengantarkannya menjadi juara. Sedangkan Dani Setiawan, pemuda asal Tegladlimo, menjadi jawara di kategori umum dengan judul ‘Cake dari Biji Karet’. Lain lagi dengan Cucuk Rustandi yang meraih penghargaan atas kerja kerasnya membina dan melatih pemuda Banyuwangi di bidang marketing online (bisnis online). Cucuk yang kemudian mendapat sebutan ‘Pendekar Internet Marketing’ ini merupakan pengelola Kampung Online Banyuwangi dari Desa Jajag Kecamatan Gambiran. Dia terbukti berhasil melatih marketing online sebanyak 33 pemuda sehingga mereka berhasil melakukan transaksi secara online.

Menariknya, tak hanya 3 orang tersebut yang beroleh penghargaan. Ikhwan Arief, pemuda asal Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo, juga dinyatakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga  sebagai Juara I Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2013 bidang Kebaharian.Ikhwan saat ini berada di Samarinda, Kalimantan Timur untuk  menerima penghargaan pada puncak acara peringatan sumpah pemuda ke - 85 tahun 2013 bertajuk ‘Pemuda Merajut Indonesia’. Termasuk 2 orang pemuda asal Banyuwangi yang terpilih mewakili Jawa Timur sebagai peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2013 yang juga dilaksanakan di Samarinda.

Atas peran serta pemuda yang membanggakan tersebut, Bupati Abdullah Azwar Anas meminta pemuda untuk terus berkarya, produktif dan berkreatifitas, dengan semangat untuk maju membangun bangsa. Sesuai tema sumpah pemuda kali ini ‘Dengan sumpah pemuda, kita wujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi’.

Menurut bupati, tema tersebut membawa pesan bahwa pemuda Indonesia adalah generasi yang tetap memelihara kesantunan di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial. Generasi muda Indonesia juga  bisa mempertahankan diri sebagai pemuda yang cerdas di tengah makin berkurangnya rasa simpati dan empati. Serta tetap berusaha menjadi  pemuda yang inspiratif, yang dalam berbagai kondisi berusaha dan bekerja keras untuk selalu berprestasi.

Salah satu hal yang membuat peringatan sumpah pemuda ini terasa istimewa, kata bupati, adalah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2013 yang ditandatangani Presiden SBY pada 12 September 2013 tentang pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP). “Peraturan pemerintah ini kami harapkan dapat memperkuat upaya-upaya pemerintah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia,”pungkas bupati.(Humas & Protokol)

 

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :