Tahun Ini, Gerak Jalan Tradisional 45 KM Dimulai dari Gambiran

Jumat, 28 Agustus 2015


BANYUWANGI – Peringatan HUT RI di berbagai daerah selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba, tak terkecuali di Pemkab Banyuwangi. Setelah menggelar serangkaian kegiatan Agustus-an, sebagai penutup peringatan HUT RI ke-70, Sabtu besok (29/8) Pemkab Banyuwangi akan menggelar Gerak Jalan Tradisional.

Dijelaskan oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ,Wawan Yadmadi, gerak jalan yang rutin diadakan setiap bulan Agustus ini terbagi ke dalam 3 kategori.

“Kategori 8 Km yang diperuntukkan bagi pelajar SD/MI beregu putra putri berangkat pukul 08.00 WIB, dengan start di depan Wisma Atlet GOR Tawangalun. Sementara peserta kategori 17 Km yang merupakan  pelajar SMP/SMA/Umum putri, akan diberangkatkan dari Lapangan Desa Benculuk, Kecamatan Cluring tepat pukul 13.00 WIB. Sedangkan  kategori 45 Km yang  diikuti pelajar SMA dan umum putra, serta perorangan putra putri,  akan dilepas dari Lapangan Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran pada pukul 15.00 WIB, terang Wawan.

Wawan melanjutkan, ada yang berbeda pada pelaksaan gerak jalan tradisional tahun ini dibandingkan sebelumnya. Tahun lalu, ketiga kategori tersebut finish di Gesibu Blambangan, namun tahun ini ketiganya memiliki finis yang berbeda karena startnya pun juga berubah.

“Kategori 8 Km finish-nya tetap di Gesibu Blambangan. Sedangkan, kategori 17 Km dan 45 Km akan finish di depan Kantor Bank Rani, Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi,” cetus Wawan.

Bupati Abdullah Azwar Anas dijadwalkan akan melepas keberangkatan peserta kategori 45 Km,  setelah sebelumnya kategori 17 Km dilepas oleh Isteri Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dan kategori 8 Km diberangkatkan oleh Sekkab Slamet Karyono.

Menariknya, usai memberangkatkan regu SMA/Umum  dari Lapangan Desa Gambiran, Bupati Anas akan ikut turun ke jalan, turut dalam barisan regu kehormatan, bersama dengan Wabup dan Sekkab, termasuk para kepala SKPD  dan camat.

Sampai  hari ini, peserta yang mendaftar cukup membludak. Menurut Wawan, sejauh ini peserta kategori  8 Km berjumlah 660 regu, 17 Km sebanyak 210 regu dan 45 Km sebanyak 90 regu. Jumlah itu, tutur Wawan, masih bisa bertambah, mengingat peserta perorangan masih boleh mendaftar hingga hari H.Nantinya, selain mendapatkan piagam,  peserta akan memperebutkan trophy dan tabungan total sebesar Rp 42.500.000. (Humas & Protokol)

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :