TP PKK Kabupaten Berikan Santunan anak Yatim Dan Galakkan Program GEMAKAN

Kamis, 2 Februari 2012


SRONO – ‘Anak – anak, hari ini semua sudah makan ikan?” tanya Ipuk Fiestiandhani, yang tak lain adalah istri orang nomor satu di Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas. Pertanyaan itu ditujukannya kepada anak-anak yang hadir dalam acara pemberian santunan untuk anak yatim dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi dan BAZ (Badan Amil Zakat)  Kecamatan Srono yang dirangkai dengan digalakkannya program Gemar Makan Ikan (GEMAKAN) di kecamatan Srono, dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus pisah pamit Sekretaris Camat Srono yang dipindah ke kecamatan Songgon, Kamis (2/2).

Ibu Dhani, panggilan akrabnya, melanjutkan dialognya. “Kalau kalian rajin makan ikan, maka otak kalian akan cerdas. Sebagai orang tua kita harus mensupport anak-anak dengan memberikan gizi terbaik,ya Bu,”pesan ibu Dhani kepada para wali murid dan guru-guru PAUD, TK, SD/MI yang turut hadir di tengah-tengah hadirin. Dijelaskan oleh Ibu Dhani, hakikat GEMAKAN adalah bagaimana kita mengkampanyekan makan ikan sebagai bagian dari asupan gizi yang baik. “Jangan termakan isu-isu tentang ikan berformalin, sehingga tidak mau makan ikan. Tentunya kita pilihkan ikan segar yang baik untuk anak-anak kita,”tambahnya.

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan anak-anak tentang ikan, Ibu Dhani mengajukan beberapa pertanyaan. Bagi yang bisa menjawab langsung mendapatkan hadiah berupa doorprize. Anak-anak diminta untuk menyebutkan masing-masing tiga, nama ikan laut dan nama ikan air tawar. Anak-anak berebut untuk maju kedepan dan menjawab pertanyaan tersebut. Beberapa anak menjawab dengan tepat, dan sisanya masih kurang sempurna. Namun dari quiz yang diberikan menunjukkan betapa anak-anak ternyata memiliki ketertarikan yang  tinggi tentang ikan. Di akhir sambutannya, Ibu Dhani berpesan untuk anak-anak. “Kalau kalian ingin cerdas, haruslah gemar membaca, gemar berolahraga dan gemar makan ikan,” ujarnya disambut gemuruh tepuk tangan anak-anak.

Acara GEMAKAN ini, menurut Abdul Ghofur, Camat Srono,  diikuti oleh 1000 pelajar dari tingkat PAUD, TK, SD/MI. Sedangkan pemberian santunan diberikan pada 200 anak yatim yang ada di kecamatan Srono.Setelah itu juga ada pisah pamit dengan Kunto Prastowo, Sekretaris Camat Srono, yang digantikan oleh Sarbini yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Camat Songgon.  Diakhir acara, Kyai Haji Ahmad Marzuki dari Pondok Pesantren Darul Salam, Rejoagung, kecamatan Srono, memberikan  tausiyah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan dilanjutkan dengan makan ikan bersama.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :