Trajaba 2012 Jadi Penutup Peringatan HUT Ke-67

Minggu, 2 September 2012


alt

BANYUWANGI - Gerak Jalan Tradisional Jajag Banyuwangi (Trajaba)  menjadi pamungkas bagi  peringatan  HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 67, Sabtu ( 1/8) . Kegiatan yang  juga dimaksudkan untuk melestarikan nilai dan semangat perjuangan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, dan terbuka  untuk  insan sekolah, pemerintah, instansi swasta, dan masyarakat umum. Sedangkan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 50 juta.

Ditemui disela-sela perlombaan berlangsung, Sudjoko, Ketua Panitia Trajaba mengatakan, ada empat kategori  yang dilombakan, yakni beregu 8 Km putra dan putri( untuk tingkat SD/MI), beregu 17 Km putra dan putri( untuk tingkat SMP/MTs sederajat), serta beregu dan perorangan 45 Kmputra dan putri (untuk tingkat SMA/SMK dan umum).

Ketepatan waktu menjadi  poin utama bagi peserta. Pemenang  ditentukan salah satunya lewat ketepatan waktu itu,”ujar Sudjoko. Bagi peserta yang tepat waktu, poin yang diberikan panitia sebanyak 300 poin. Namun sebaliknya, bagi  peserta yang  tiba lebih cepat, poin mereka justru  dikurangi lima poin per satu menit. Sedangkan bagi yang  terlambat, per satu menit pula, poin peserta  dikurangi sepuluh poin. Menurut Sudjoko, untuk kategori beregu 8 Km, waktu yang diberikan 1 jam 35 menit, beregu 17 Km diberikan waktu 3 jam 44 menit. Sedangkan untuk  kategori umum diberikan waktu 6 jam 56 menit.

Peraturan lainnya yang ditetapkan panitia, jika  ingin mendahului, peserta hanya diperbolehkan mendahului dari sisi kanan barisan, tidak diperkenankan  mendahului  dari bagian tengah barisan. Begitu pula dengan anggota regu yang mengikuti lomba. Pada saat lomba berlangsung, tidak diperkenankan mengganti anggota regu.

Selain itu, peserta juga dihimbau untuk mengenakan kostum warna merah putih. Dan selama lomba, peserta diwajibkan menyanyikan lagu bertema perjuangan. Jika menyanyikan lagu lain, panitia  akan melakukan  pengurangan nilai.  Sementara itu, terkait juri, Sudjoko mengatakan, pihak Dispora telah menerjunkan 82 juri yang kompeten di bidangnya. Ke-82 juri tersebut tersebar di sepanjang rute yang dilalui peserta, dan masing-masing ditugasi sesuai porsinya sebagai juri perorangan, beregu (untuk tiap-tiap kelompok : 17, 8, 45), juri tetap, rahasia dan keliling (Humas & Protokol)

 

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :