Antisipasi Euforia Kelulusan SMA/SMK/MA, Dispendik Larang Pengumuman Terbuka

Rabu, 16 Mei 2012


BANYUWANGI – Guna mengantisipasi euforia kelulusan siswa SMA/SMK/MA, yang akan diumumkan Sabtu, 26 Mei 2012 Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi membuat keputusan baru. Yakni, untuk tidak mengumumkan kelulusan siswa secara terbuka. Melainkan,cukup dengan pemberitahuan dalam amplop tertutup atau melalui surat pemberitahuan kepada orang tua yang dikirim ke alamat masing-masing siswa. Juga bisa melalui Website masing-masing sekolah atau melalui SMS Gateway.

Selanjutnya, pada hari H yang sama, pemerintah juga minta seluruh satuan pendidikan menggelar acara pelepasan khusus bagi kelas 12 dengan wisuda. Hal ini kata Kepala Dinas Pendidikan, Sulihtiyono, untuk menghindari perayaan kelulusan yang biasa diisi dengan hura-hura atau konvoi keliling kota setelah dinyatakan lulus. “Untuk acara wisuda nanti, kami juga mengimbau kepada satuan pendidikan untuk mengenakan pakaian nasional. Tujuannya, kalau sudah mengenakan pakaian nasional, kecil kemungkinan mereka akan hura-hura merayakan kelulusannya,” tutur Kadispendik.  

Mendengar pernyataan pemerintah, Kapolres Banyuwangi, AKBP Nanang Masbudi,melalui Kasatbinmas AKP Mahmud Effendi SH, sangat mengapresiasi dan mendukung sekali apa yang dilakukan Dinas Pendidikan. Karena menurut, AKP Mahmud salah satu kebiasaan siswa dalam merayakan kelulusan adalah konvoi keliling kota. Hal itu sangat mengganggu lalu lintas, bahkan membahayakan nyawa siswa itu sendiri. “Kenapa? Karena saat konvoi anak-anak suka lupa diri dan itu bisa membahayakan jiwanya. Namun dengan adanya keputusan dari pemerintah dengan menggelar acara wisuda dan mengumumkan kelulusan melalui internet sangat meminimalisir aksi brutal siswa,”tegas AKP Mahmud.  

Meski demikian, lanjut AKP Mahmud, pihaknya tetap akan memberikan pelayanan, pengamanan kepada siswa-siswa pada hari H dan sesudah hari H kelulusan. Tujuannya,untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak dinginkan dilakukan siswa. (Humas dan Protokol)   



Berita Terkait

Bagikan Artikel :