Apel Kebangsaan Banser, Komitmen Bersama Menjaga Martabat Bangsa

Jumat, 30 Desember 2011


BANYUWANGI – Untuk menunjukkan komitmen yang besar dalam menjaga martabat bangsa Indonesia, Banser (Barisan Anshor Serbaguna) yang merupakan tenaga inti dari Gerakan Pemuda Anshor menggelar apel kebangsaan, Jumat (30/12) di depan kantor Pemkab Banyuwangi. Apel yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun tersebut diramaikan oleh ratusan anggota Banser dengan mengenakan seragam khusus.

Dalam sambutannya Bupati Abdullah Azwar Anas mengingatkan segenap peserta apel  tentang sejarah Gerakan Pemuda (GP) Anshor yang senantiasa memberikan citra diri yang istiqomah untuk tetap mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa ini. Bupati menyampaikan harapan-harapannya agar GP Anshor bisa terus menguatkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah atau  ukhuwah bashoriyah (ukhuwah antar seluruh umat beragama, Red), ukhuwah wathoniyah (spirit bagi kesejahteraan hidup bersama dalam mewujudkan kesamaan derajat dan tanggung jawab,Red)  serta bentuk-bentuk ukhuwah yang lain untuk menjaga kerukunan antara sesama dan antar umat beragama. “Anshor harus mampu melindungi dan  menciptakan rasa aman di tengah kebhinekaan,”tegas Bupati Anas sambil menceritakan bahwa dirinya ketika memperoleh tugas belajar di Amerika beberapa waktu yang lalu berkesempatan untuk menjelaskan di depan forum bahwa Islam perlu hadir untuk menyeimbangkan kehidupan. Karena itu sebagai umat Islam, Bupati meminta Anshor  untuk menjadi penyeimbang bagi kehidupan. Terkait program-program pemkab, Bupati juga meminta dukungan Anshor terutama dalam mensukseskan program pengentasan kemiskinan, Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun, program kesehatan dan gemar menabung.

Apel  yang juga dihadiri oleh para alim ulama, kepala dinas, para camat, praktisi perbankan dan organisasi masyarakat (Fatayat dan Muslimat) ini diakhiri dengan penyerahan bibit tanaman mangrove oleh Bupati, dan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria diikuti oleh seluruh peserta apel. (Humas&Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :