BANK PEMERINTAH SEPAKAT GENJOT KREDIT MIKRO

Rabu, 4 April 2012


BANYUWANGI – Pimpinan cabang Bank BUMN-BUMD yang ada di Banyuwangi sepakat untuk menggenjot kredit ekonomi mikro. Hal itu sebagai komitmen pada program pemerintah daerah dalam memajukan ekonomi masyarakat kecil. Kesepakatan itu muncul pada pertemuan dengan Bupati Abdullah Azwar Anas di ruang kerjanya kemarin(2/3). Hadir pada kesempatan itu, pimpinan cabang Bank Mandiri Malakin, Bank BRI Pitoyo Asmoro, Bank Mandiri Dandung Qomari dan pimpinan Bank BNI’45 Alfan.

Pengembangan dan peningkatan ekonomi mikro akan dilakukan secara bersama-sama oleh empat bank tersebut. “ Kredit mikro kita gerebeg bersama-sama agar ekonomi Banyuwangi berkembang pesat,” Perbankan menyatakan siap meluncurkan modal usaha kepada pelaku ekonomi mikro dengan tidak membatasi besarnya kapasitas pengajuan kredit.ujar pimpinan cabang Bank Jatim, Malakin.

Sementara Pimpinan Cabang Bank BRI, Pitoyo Asmoro, menambahkan pada dasarnya perbankan tidak membatasi jumlah kredit mikro yang disalurkan kepada masyarakat. "Selama plafon yang disediakan masih mencukupi kami akan mempermudah pemberian kredit mikro tersebut. BRI berkomitmen memberi upaya  maksimal dalam mengembangkan kredit mikro Banyuwangi. Salah satu buktinya, sampai saat ini BRI sudah mengucurkan dana kredit usaha rakyat mikro sebesar Rp 129 miliar lebih kepada belasan ribu pelaku ekonomi skala kecil," Jlentreh Pitoyo.

 Pimpinan Bank BNI 46 Banyuwangi, Alfan juga menyatakan siap mendukung pertumbuhan ekonomi Banyuwangi. Pihak BNI mengaku sudah memiliki sejumlah program untuk mendukung pengembangan dan peningkatan ekonomi mikro. Salah satu program yang siap diusung BNI adalah kampung BNI. “ Kita sudah siap dengan program ini dan sedang menunggu proposal dari pelaku usaha yang ingin terlibat dalam kegiatan ini,” kata Alfan.

Diakhir pertemuan tersebut, Bupati Anas menegaskan agar perbankan membatasi kredit konsumtif bagi masyarakat. Sedangkan kredit produktif senantiasa ditingkatkan untuk mendukung iklim perekonomian yang kondusif bagi masyarakat. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :