Banyuwangi Jadi Percontohan Nasional Program Puskesmas Berbasis Keluarga

Selasa, 5 Juni 2012


GIRI – Akhirnya Kabupaten Banyuwangi resmi menjadi daerah pertama di Indonesia yang melaksanakan Program Puskesmas Berbasis Dokter Keluarga  dari PT Askes. Peresmian itu dilakukan langsung oleh Bupati Abdullah Azwar Anas bersama Direktur PT. Askes dr. I Gede Subawa, Mkes di Puskesmas Mojopanggung, Senin (4/3).

Sebanyak delapan Puskesmas dijadikan proyek percontohan dalam program ini. Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Mojopanggung(Kecamatan Giri), Gitik (Kecamatan Rogojampi), Singojuruh, Sempu, Sepanjang(Kecamatan Glenmore), Sambirejo (Kecamatan Bangorejo) dan Pesanggaran.

Jika program Puskesmas berbasis Dokter keluarga ini sukses dijalankan di Banyuwangi,   menurut I Gede Subawa, maka Bumi Blambangan akan menjadi percontohan  bagi kebijakan nasional pelaksanaan Program Puskesmas Berbasis Dokter Keluarga dari PT Askes. “ Tentunya pelaksanaan program ini akan terus kami evaluasi untuk perbaikan program kedepan sebelum dilaunching secara nasional,” ungkap Direktur Utama PT. Askes.

Program ini, lanjut I Gede Subawa merupakan upaya PT. Askes untuk meningkatkan mutu  pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama bagi peserta Askes. Lalu mengapa PT Askes menempatkan dokter keluarga di Puskesmas? Menurut I Gede Subawa karena Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat. “ Kami ingin peserta Askes yang berada di pelosok bisa mendapatkan pelayanan dokter tanpa harus jauh-jauh pergi ke kota,” katanya.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas sangat mengapreasi langkah yang dilakukan oleh PT Askes. Menurut Bupati, ini merupakan wujud nyata dukungan PT Askes terhadap Pemkab Banyuwangi dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. “ Kami sangat berterima kasih atas terlaksananya program, sebab ini sejalan dengan ikhtiar Pemkab dalam memutus mata rantai kemiskinan di bidang kesehatan,” tutur Bupati. Kedepan Bupati  berharap program ini bisa dilaksanakan di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyuwangi. 

Pada kesempatan tersebut, melalui program CSR PT Askes menyerahkan bantuan peningkatan kualitas rumah layak huni dan sarana umum bagi 100 rumah warga miskin kepada Pemkab Banyuwangi senilai Rp 600 juta rupiah.   (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :