Banyuwangi Peroleh Sertifikat Adipura dan Adiwiyata Nasional

Rabu, 6 Juni 2012


BANYUWANGI – Setelah dua belas tahun lebih, sepi dari penghargaan kebersihan lingkungan, akhirnya pada tahun 2012 ini Banyuwangi mendapatkan sertifikat Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya kepada Bupati Abdullah Azwar Anas di Hotel Sahid, Jakarta.

Penghargaan bidang lingkungan ini diberikan kepada 22 Kabupaten dan Kota di Indonesia sebagai apresiasi terhadap  upaya menciptakan penghijauan dan kebersihan. “Upaya kita untuk mewujudkan Banyuwangi hijau dan bersih akhirnya membuahkan hasil. Walaupun bukan membawa pulang Piala Adipura, setidaknya sertifikat ini menunjukkan upaya kita mulai berhasil,” tutur Bupati.

Diuraikan Bupati, kegagalan Banyuwangi meraih piala Adipura karena belum memiliki TPA (Tempat Pembuangan Akhir) terpadu. Untuk itu dalam dua tahun kedepan, Bupati berjanji akan merampungkan pembangunan TPA ini.  

Atas keberhasilan ini, Bupati berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi menciptakan penghijauan dan kebersihan di Banyuwangi. “ Dengan dukungan seluruh masyarakat, secara bertahap kita pasti bisa meraih piala Adipura pada tahun mendatang,” kata Bupati.

Selain sertifikat Adipura, Pada kesempatan yang sama Banyuwangi juga menerima penghargaan Adiwiyata Nasional yang diraih oleh SMKN 1 Banyuwangi. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah  yang peduli dan berbudaya lingkungan. Ini bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. (Humas Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :