Banyuwangi Punya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

Selasa, 29 Mei 2012


BANYUWANGI – Terhitung sejak Februari 2012,  Banyuwangi telah memiliki Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Yang dimaksud dengan KRPL adalah kawasan pengembangan aneka tanaman (apotik hidup, dapur hidup/tanaman karang kitri,Red) di pekarangan, yang bertujuan  untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan.

KRPL ini ada di 3 tempat. Yakni di Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh, dan Desa Licin, Kecamatan Licin. Ketiga tempat ini dipilih karena mereka dipandang punya sumber daya alam yang belum termanfaatkan secara optimal, namun memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik dan mau belajar tentang hal-hal baru.

 Saat ini,  menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dewa Made Wicaksana , ketiga desa tersebut  masih dalam tahap persiapan dan penumbuhan. Dalam tahap ini mereka diberi benih sayuran (brokoli, terong, sawi dan ubi jalar), dan bibit buah-buahan (pepaya, durian, belimbing).

Dijelaskan Made,  program ini  sendiri  merupakan program nasional yang  dikenal pula dengan sebutan  Rumah Hijau Plus Plus, sedangkan di Banyuwangi dinamakan KRPL. Tujuan KRPL, untuk penghijauan sekaligus meningkatkan ketersediaan pangan  keluarga dan meningkatkan penganekaragaman pangan “Di samping meningkatkan kualitas gizi keluarga dan menumbuhkan ekonomi kreatif tiap desa, melalui gerakan ini juga diharapkan warga dapat belajar mengelola lahan yang dimiliki agar tidak skedar menjadi lahan tidur saja ,” jelas Made. Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :