Bupati Anas Business Meeting Dengan Pengusaha dan Bank Mandiri

Kamis, 29 Maret 2012


KALIPURO – Untuk kesekian kalinya,  Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas  mengajak dunia usaha duduk bersama dengan pihak Perbankan. Pertemuan dalam rangka business meeting ini  digelar, Rabu (28/3) di rumah Makan Mahkota Plengkung.  Pihak Perbankan yang ketiban sampur kali ini adalah Bank Mandiri.

Kepala Cabang Bank Mandiri, Dandung M. Qomari,  memaparkan pemikirannya kepada segenap audiens terkait programnya untuk dunia usaha di  Banyuwangi. Bank Mandiri menawarkan untuk dilakukan  pengembangan revenue dari berbagai keunggulan geografis dan potensi pariwisata yang dimiliki Banyuwangi.

Menurut Dandung,  posisi Banyuwangi yang  berdekatan dengan Bali serta  mahalnya bahan baku dan tenaga kerja di Bali menjadikan Banyuwangi bisa menjadi pemasok bagi Bali dan Nusa Tenggara. Menyikapi hal itu yang harus dilakukan, imbuh Dandung,  adalah bagaimana menciptakan infrastruktur pariwisata di Banyuwangi baik dari segi budaya maupun financial, dan bagaimana menjadikan Banyuwangi dikenal market asing dan lokal melalui berbagai chanel promosi finansial yang sudah terarah segmentasinya. Karena itulah Bank Mandiri hadir untuk memberikan bantuan pendanaan bagi para pengusaha.

Menanggapi paparan Dandung,Bupati mengatakan, daerah yang basisnya agro (pertanian) seperti Banyuwangi akan kalah pertumbuhan ekonominya  dengan daerah yang basisnya industri. Karena itu, kata Bupati,  untuk menyokong pertumbuhan ekonomi  Banyuwangi perlu punya dua kaki, yaitu dari sektor agro dan dari sektor industri. “Pemkab sangat berterimakasih dengan kerjasama yang ditawarkan oleh Perbankan kepada para pengusaha Banyuwangi,” ujar Bupati. Sebab pengusaha pasti membutuhkan modal, beber Bupati, dan Pemkab tidak bisa serta merta membantu lantaran hanya terpaku pada siklus keuangan tahunan.

Dengan menghadirkan para pelaku usaha beserta nasabah Bank Mandiri, Bupati berharap agar pertemuan ini bisa menjadi jembatan untuk menyatukan program pemerintah dan dunia usaha. “Dengan welcomenya Perbankan untuk membantu pengusaha, maka infrastruktur pariwisata baik dari sisi  budaya maupun  financial akan mudah kita bangun,” tegas Bupati optimis. Para pengusaha, tutur Bupati, harus bisa menangkap program pendanaan apa yang cocok menjadi support bagi usahanya.

Sementara itu, Bupati juga mengungkapkan  rasa salutnya ketika membaca slogan yang Bank Mandiri pampangkan di ruang pertemuan.Bupati  salut akan  ketajaman ide yang tertuang di balik tulisan itu. ‘Bumi Blambangan............ , Menyapa Dunia.............., Meraih Kemakmuran................’.“Ke depan, saya sangat ingin mewujudkan Banyuwangi seperti slogan yang terpampang itu, “tekad Bupati.

Acara ini juga diwarnai dengan dialog antara pengusaha dengan pihak Pemkab dan Bank Mandiri. Beberapa pengusaha   langsung sharing terkait bidang usahanya.(Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :