Bupati Tinjau Lapang Tanaman Hortikultura Kualitas Ekspor

Kamis, 8 Maret 2012


SEMPU – Tanaman hortikultura yang dibudidayakan di Kecamatan Sempu telah mampu menembus pasar ekspor . Bangga atas prestasi tersebut Bupati Abdullah Azwar Anas langsung melakukan kunjungan ke Dusun Krajan Desa Jambewangi Kecamatan Sempu, lokasi dibudidayakannya tanaman hortikultura tersebut.

Bupati sempat berdialog langsung dengan kelompok tani Jambe Arum yang dipimpin oleh Imam Baihaqi. Menurut Imam, kelompoknya tengah serius menjadikan tomat sebagai bidang garapnya. Kelompok taninya yang berdiri sejak tahun 1987 bahkan telah resmi menjalin kontrak dengan PT ABC sejak tahun 1994 hingga sekarang, khusus untuk penyediaan tomat sebagai bahan baku pembuatan saos tomat. Sebanyak 1500 orang telah diserap sebagai tenaga kerja untuk mengawinkan bunga tomat (polinasi).

Keuntungan yang diraih kelompoknya, menurut Imam, untuk perolehan pendapatan kotor saja dalam 1 tahun bisa mencapai angka Rp 218 Miliar. Dan untuk menyikapi anomali cuaca yang berubah-ubah serta serangan hama, akhirnya digunakanlah tekhnik green house atau net house (rumah jaring). "Saya berharap, Sempu dengan potensi hortikulturanya, bisa menjadi kota Batu (Malang) yang kedua," tutur pria yang baru saja pulang dari Jepang untuk khusus mempelajari ilmu tentang budidaya hortikultura berupa tanaman tomat dan cabai.

Menanggapi uraian panjang lebar yang disampaikan kelompok tani Jambe Arum, Bupati Anas menyampaikan apresiasinya. “Saya sengaja  datang kemari guna melihat hasil kerja keras petani Sempu. Untuk itu, ke depan saya akan  membangun kerjasama dengan perbankan agar bisa memback up penuh para petani disini,” ujar Bupati disambut tepuk tangan warga.

Yang menarik, Bupati dan para anggota Forum Pimpinan Daerah juga diajak para ibu-ibu polinator (ibu-ibu yang mengawinkan bunga tomat) untuk melakukan kastrasi atau penyunatan pada bunga sebelum dilakukan penyerbukan (polinasi) pada keesokan harinya. Dalam acara itu, Bupati yang didampingi para anggota Forum Pimpinan Daerah, Plt Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan,Ikrori,  juga memberikan bantuan peralatan pengolahan saos tomat kepada kelompok tani Jambe Arum. (Humas & Protokol)



Berita Terkait

Bagikan Artikel :