Budayakan Bersih, Bupati Kerjabakti Bersama Warga Muncar

Jumat, 9 Maret 2012


Muncar – Budaya sadar kebersihan (Busasih) mulai digalakkan  Bupati Abdullah Azwar Anas di Kabupaten Banyuwangi, tak terkecuali di kecamatan Muncar. Untuk menciptakan budaya sadar bersih,di sepanjang pantai Muncar Bupati  Anas kerja bakti bersama masyarakat Muncar dan penanaman pohon di pasar ikan Muncar. Dalam kegiatan kerja bakti tersebut, Bupati hadir didampingi oleh seluruh kepala SKPD Pemkab Banyuwangi serta Forpika Muncar (9/3). Dengan gerakan kerja bakti masyarakat Muncar bersama Bupati,diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk menciptakan Muncar bersih, hijau dan nyaman.

Dalam acara tersebut, Bupati Anas berharap, masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta karena sudah bertahun – tahun sampah di Muncar tidak tertangani dan hal tersebut dapat mengurangi minat masyarakat untuk datang ke Muncar. “ Sekarang ini Muncar sudah dikenal secara nasional, maka dari itu mari kita bekerja bersama pemerintah masyarakat dan pihak swasta untuk merawat Muncar agar orang mau datang dan nyaman berada disini, “ kata Bupati  Anas.

Menurut Bupati, dalam waktu dekat akan dibangun tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di kecamatan Muncar, hal tersebut dilakukan agar warga tidak lagi membuang sampah di laut ataupun di sungai. “ Jika nanti dibangun TPA, namun warga tetap membuang sampah di laut maka akan kita lakukan langkah ekstra, “ ujar Bupati Anas. “ Saya mohon dengan sangat kesadaran warga Muncar untuk menjaga kebersihan lingkungan demi kebaikan bersama, “  tegas Bupati.

Selain itu, Bupati meminta kepada Camat Muncar agar diadakan lomba kebersihan mulai tingkat RT hingga tingkat Desa. “ Saya pesankan kepada pak camat untuk menyadarkan mereka akan pentingnya kebersihan, supaya dibuat lomba RT terbersih dan desa terbersih, dan  yang paling kotor diberi tanda bendera hitam, “ kata Bupati. Di akhir kunjungannya tak lupa Bupati Abdullah  Anas berbelanja ikan segar dan berdialog langsung dengan para pedagang ikan di pasar ikan Muncar.

Salah satu pedagang ikan laut, Fatimah berharap supaya pemkab bisa menyediakan tempat sampah yang bisa menampung sampah – sampah ikan agar Muncar tidak bau. “ Kepada pak bupati saya minta Muncar diberi  tempat sampah agar tidak terlalu bau seperti ini, “ harapnya. “ Banyak orang dari luar Muncar yang kurang suka belanja disini akibat bau yang menyengat, “ imbuhnya. (Humas & Protokol)     



Berita Terkait

Bagikan Artikel :