Desa Sarongan Miliki Rumah Pintar Internet

Rabu, 23 Mei 2012


BANYUWANGI- Masyarakat Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran patut berbangga. Karena, saat ini desa yang berada diujung selatan Kabupaten Banyuwangi telah memiliki Rumah Pintar Internet (Rapinet). Menariknya, Rumah Informasi Tekonologi (IT) ini, merupakan penemuan pemuda Desa Sarongan, Gama Irzi Muhtadi.  Praktis dengan adanya Rumah Internet ini Desa Sarongan yang sebelumnya tidak bisa berinteraksi ke luar melalui media IT, kali ini mereka bisa menjelajah dunia melalui internet.

Sejak kehadiran Rumah Internet di Desa Sarongan, kata Irgi, sapaan akrab Ketua Bidang Usaha Rapinet, masyarakat menjadi lebih melek teknologi. Bahkan, sejak di online kan server internet di Balai Desa Sarongan, masyarakat sudah banyak yang menggunakan akses internet. “Kalau tidak salah saat ini sudah ada 17 pelanggan yang menikmati layanan kami. Ini rakitan kami sendiri lho bukan dari Telkom,” ujar Irgi.

Ketika ditanya inspirasi apa sehingga muncul ide mendirikan Rapinet? “Ya untuk memudahkan masyarakat bsa berinteraksi dengan dunia luar melalui IT. Apalagi kami telah berkali-kali minta ke Telkom untuk diberi saluran internet, mereka selalu enggan. Ya akhirnya kami bertekad bisa dirikan internet sendiri,” terang mahasiswa STIKI Malang ini.  

Untuk mewujudkan Rapinet ini, cerita Irgi, cukup rumit. Awalnya, dia cukup kesulitan untuk mendapatkan modal dana.  Berkat berkonsultasi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), akhirnya  mendapat bantuan modal Rp 65 jutadengan menjadikan Rapinet sebagai salah satu usaha Bumdes . “Tapi dana itu belum cukup. Akhirnya, kami bersama teman-teman berswadaya hingga terkumpul Rp 118 juta ditambah Rp 65 juta. “Akhirnya, jadilah Rapinet ini,”ujarnya singkat.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang meresmikan secara langsung Rapinet ini, mengaku kagum dan memuji prestasi anak-anak Desa Sarongan.  “Ini prestasi yang luar biasa, berkat kegigihan anak-anak Sarongan, mereka bisa menggunakan internet untuk mengakses semua data. Bahkan, hebatnya lagi bisa teleconference juga ini,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas, saat meresmikan rumah internet, Selasa malam (22/5) di Balai Desa Sarongan.

Selain mengacungi jempol, Bupati juga sangat bangga dengan masyarakat Desa Sarongan yang begitu bersemangat membangun desanya secara swadaya. Meskipun, wilayahnya sangat jauh dan jalan menuju ke Sarongan cukup sulit. Karenanya, tak berlebihan jika pemkab sudah waktunya mencurahkan perhatian kepada Sarongan, salah satunya akan membangun jalan Desa Sarongan.   “Insyalloh dalam waktu dekat kami akan anggarkan pembangunan jalan di Desa Sarongan,” ujar Bupati Anas. (Humas dan Protokol)

 

 

 

 

 



Berita Terkait

Bagikan Artikel :